' Gubernur Jabar Jamin Hewan Kurban Sehat Dikonsumsi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Gubernur Jabar Jamin Hewan Kurban Sehat Dikonsumsi

Gubernur Jabar Jamin Hewan Kurban Sehat Dikonsumsi

Written By dodi on Wednesday, October 17, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG(LJ)- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjamin hewan kurban yang akan dikonsumsi masyarakat dalam kondisi sehat, sebab Pemprov Jabar sudah mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk pengadaan vaksin cacing hati yang langsung dibagikan ke para peternak.
 
"Untuk antisipasi penyakit antraks sudah dilakukan vaksinasi dua bulan sebelumnya. Bahkan sejak enam tahun lalu, kawasan Jawa Barat sudah bebas penyakit antraks," kata Ahmad Heryawan pada wartawan usai melepas Tim Kesehatan Hewan Kurban di Gedung Negara Pakuan Bandung jalan Otista No 1, kemarin.
 
Heryawan mengatakan, untuk tahun 2012 ini diperkirakan 47.000 ekor sapi/kerbau serta 220.000 ekor domba/kambing yang akan dikurbankan di seluruh Jawa Barat.Dengan demikian, kata Heryawan, pada saatnya Idul Adha 1433 Hijriyah atau 26 Oktober 2012, pelaksanaan kurban di wilayah Jawa Barat berlangsung lancar. "Saya juga berharap kepada seluruh petugas dari Tim Kesehatan Hewan Kurban untuk seksama meneliti dan memastikan kesehatan hewan kurban," ujar kang Aher.
 
Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Koesmayadie TP menjelaskan untuk mengantisipasi kesehatan hewan kurban, pihaknya sudah melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban.Pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban itu, diantaranya ternak kurban yang berasal dari luar Jawa Barat harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKHH) serta dilakukan pemeriksaan di perbatasan oleh petugas kesehatan Jawa Barat.
   
Kemudian pemeriksaan juga dilakukan di sejumlah pasar hewan bekerjasama dengan dinas/instansi terkait, organisasi profesi di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat."Untuk memastikan sehat atau tidaknya hewan kurban, kami berikan tanda/cap sehat sebagai jaminan rasa aman bagi masyarakat," katanya.
 
Menurut Koesmayadi,pihaknya menerjunkan 2.582 petugas yang akan terlibat dalam pemeriksaan hewan kurban se-Jabar,Sebagian dari mereka sudah bekerja melakukan pemeriksaan hewan kurban sejak sekitar dua minggu lalu. "Kerja petugas ini akan berakhir hingga H+3 (Idul Adha)," jelasnya.
 
Hewan-hewan kurban yang belum diperiksa nantinya akan diperiksa dan diawasi. Pengawasan akan dilakukan di sejumlah pasar hewan dan lokasi penjualan hewan kurban.Dalam pemeriksaan, Disnak Jabar akan bekerjasama dengan berbagai instansi di kabupaten dan kota. Bahkan 292 pengurus masjid juga sudah dilatih agar bisa memeriksa hewan kurban dan dilibatkan dalam pemeriksaan.
 
"Hewan kurban dari luar Jabar harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan akan dilakukan juga di perbatasan," jelas Koesmayadie.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger