' Frisian Flag Targetkan Pendapatan Rp 7 Triliun Lebih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Frisian Flag Targetkan Pendapatan Rp 7 Triliun Lebih

Frisian Flag Targetkan Pendapatan Rp 7 Triliun Lebih

Written By dodi on Wednesday, October 10, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - PT Frisian Flag Indonesia (FFI), salah satu produsen susu kental manis terbesar di tanah air, mengaku optimistis bisa mencapai kinerja positif hingga akhir 2012. Produsen susu kental manis ini pun menargetkan kenaikan pendapatan (omzet) hingga 12 persen dari target tahun sebelumnya sebesar Rp 7 triliun menjadi hampir Rp 8 triliun.

Corporate Communication Manager Frisian Flag Indonesia, Anton Susanto, mengaku hingga September 2012, target penjualan susu Frisian Flag telah melampaui target. Ia optimistis target pertumbuhan pendapatan akhir tahun bisa tercapai. "Pendapatan tahun kemarin Rp 7 triliun, kalau ditanya estimasi ke depan pertumbuhan kita 10-12 persen, bulan September kita sudah menguasai 1/3 pangsa pasar Indonesia," papar Anton dalam siaran persnya, Selasa (9/10).

Menapaki usia 90 tahun, Anton menjelaskan Frisian Flag telah menguasai sepertiga pasar susu di Indonesia. Penjualan terbesar Frisian Flag didongkrak oleh produk susu kental manis. "Dua per tiga pangsa pasar kita itu susu kental manis kalau pangsa pasar Indonesia susu kental manis 60 persennya dari Frisian Flag," sebutnya.

Saat ini sebagian besar bahan baku susu masih didatangkan langsung dari New Zealand, Australia dan sedikit dari Belanda. Namun ia mengatakan, Frisian Flag tetap memberdayakan peternak lokal sebagai penyalur susu ke pabrik. "82 persen kita impor. Per tahun kita memproses susu hampir setengah juta ton," tambahnya.

Anton menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum ada rencana melakukan perluasan pabrik susu berlabel Susu Bendera ini. "Belum ada ekspansi, dua pabrik di Pasar Rebo dan Ciracas-Jakarta Timur, masih bisa memenuhi pasar 15 tahun kedepan, jadi dua pabrik saja untuk saat ini sudah cukup kok," ujarnya.

FFI telah mencapai perjalanan panjang di Indonesia. Produsen susu kental manis dengan merek Frisian Flag atau susu Bendera ini, selama 90 tahun telah melangsungkan usahanya di Indonesia tepatnya sejak tahun 1922. Banyak pengalaman unik yang dicatat pabrikan susu ini.

Anton mengaku ketika membuat wawancara profil perjalanan 90 tahun susu Frisian Flag, ada penjual yang mengaku sudah berjualan susu Frisian Flag sejak 5 generasi keluarga hingga saat ini. "Mereka bilang saya sudah kenal dari nenek kakek saya, kemaren kita di Makassar bahkan kita ketemu sampai 5 generasi sudah jualan dari toko kelotong sampai dia menjadi distribusi besar," paparnya.

Saking melekatnya susu Frisian Flag di benak konsumen, Anton menegaskan ada pelanggan yang sampai menghentikan operasional usahanya karena belum memperoleh kiriman susu bahkan tidak mau menggunakan susu merek lain. "Tahu brownis Amanda di Bandung, dia tidak mau bikin kalau tanpa susu kental manis dia siap bilang ke kantor saya nggak jualan. Banyak subsidary bisnis yang tergantung dengan produk kami, menurut saya itu sangat menarik," tambahnya.

Menapaki usia 90 tahun, Anton menjelaskan Frisian Flag telah menguasai sepertiga pasar susu di Indonesia. Penjualan terbesar Frisian Flag didongkrak oleh produk susu kental manis. "Dua per tiga pangsa pasar kita itu susu kental manis kalau pangsa pasar Indonesia susu kental manis 60 persennya dari Frisian Flag," pungkasnya. REN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger