' Festival Kaulinan Urang Lembur Alimpaido Kembali Di Gelar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Festival Kaulinan Urang Lembur Alimpaido Kembali Di Gelar

Festival Kaulinan Urang Lembur Alimpaido Kembali Di Gelar

Written By dodi on Tuesday, October 16, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG(LJ) -Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar melalui Bidang Kepariwisataan kembali menyelenggarakan Kaulinan Urang Lembur (Permainan Tradisional Anak-Anak ) atau Alimpaido untuk tahun Ke-4 ini, kita selenggarakan di Kabupaten Kuningan, tepatnya di Open Space Gallery pada tanggal 20-21 Oktober 2012 di Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Linggarjati. Sementara itu, tahun lalu Alimpaido Ke-3 digelar Cibinong Kabupaten Bogor,"jelas mantan kepala anjungana Jawa Barat di TMII Jakarta ini.
   
"Alimpaido tahun ini akan diikuti oleh 26 kabupaten kota yang ada di Jawa Barat dan lima permainan yang akan dilombakan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari MM, di Bandung. Nunung menjelaskan, kegiatan Alimpaido tahun ini merupakan pelaksanaan Alimpaido ke-4, yang mana pelaksanaan pertama diselenggarakan di Bandung pada tahun 2009 tepatnya di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
  
Tahun ini,  Alimpaido yang mengambil tema "Samitaning Kaulinan Barudak, Bisa Mawa Bagja Balarea" akan melombakan permainan tradisional yang terdiri dari 10 jenis permainan yaitu Egrang dan Kelom Batok.Selanjutnya, Rorodaan, Engkle/Sondah, Sorodot Gaplok, Perepet Jengkol, Gatrik, Gasing, Bedil Jepret dan Sumpit. Peserta dari 26 kabupaten kota ini akan diikuti 1 tim yang terdiri dari 5 orang pemain.
  
Sebagai upaya pelestarian terhadap kearifan lokal, sekaligus pengembangan kepariwisataan Jawa Barat, dilakukan melalui diversifikasi daya tarik penyelenggaraan kegiatan kaulinan urang lembur.Kegiatan itu, dikemas menjadi salah satu atraksi wisata yang memiliki nilai tambah sosial, ekonomi dan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan (Sustainable and Environmental Tourism Development), kata Nunung.
  
Selain permainan tradisional yang dipertandingkan, menurut Nunung, akan diselenggarakan juga pameran alat permainan tradisional, workshop permainan tradisional serta bazaar alat permainan tradisional dan makanan tradisional.Pihaknya menjelaskan penyelenggaraan kegiatan Alimpaido ini merupakan satu even pariwisata dalam rangka mengenalkan keanekaragaman daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan dan Jawa Barat umumnya.
  
Menurutnya  diharapkan juga bisa meningkatkan citra pariwisata dan budaya Jawa Barat yang pada gilirannya diharapkan dapat dinikmati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara di berbagai ODTW di Jawa Barat,Tutur Nunung.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger