' Enak Proyek Residensial, Tingkatkan Nilai Aset Metland - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Enak Proyek Residensial, Tingkatkan Nilai Aset Metland

Enak Proyek Residensial, Tingkatkan Nilai Aset Metland

Written By dodi on Thursday, October 11, 2012 | 7:00 AM


BOGOR - PT.Metropolitan Land.Tbk (Metland) saat ini memiliki enam proyek residensial yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Perluasan pusat perbelanjaan dan peluncuran proyek properti diprediksi akan memperbesar nilai aset PT.Metland.

Nilai aset bersih (net asset value/ NAV) perseroan pada 2013 diproyeksi mencapai Rp 1.457 per saham. Sedangkan target harga saham emiten berkode MTLA itu sebesar Rp 700 atau diskon 48% dari NAV. Adapun proyek residensial itu antara lain Metland Menteng di Cakung, Metland Tambun dan Metland Cibitung di Bekasi, Metland Transyogi dan Metland Cileungsi di Bogor, serta Metland Puri di Tangerang.

"Jika perseroan berhasil merealisasikan konstruksi tol Metland Puri-Tangerang, pembangunan apartemen M-Gold Bekasi, dan perluasan Grand Metropolitan Mall Bekasi tahun ini, nilai aset perseroan akan melonjak tahun depan," demikian analis CIMB Securities Lidya Toisutta mengemukakan hasil risetnya, baru-baru ini.

Penjualan properti Metland Puri dan perluasan pusat perbelanjaan juga akan memperkuat posisi kas perseroan. Metland menguasai cadangan lahan seluas 55 hektare (ha) di Metland Puri. Proyek perumahan ini akan diluncurkan kembali tahun depan. Metland Puri diperkirakan berkontribusi sekitar 34% terhadap NAV perseroan.

Prospek Metland juga bakal didukung oleh pengembangan hunian dengan pangsa pasar konsumen kelas menengah. Pangsa pasar ini mendominasi penjualan unit properti (marketing sales) Metland sepanjang tahun ini terutama dari Metland Cileungsi dan Metland Cibitung.

"Penjualan properti dari proyek Cileungsi dan Cibitung diharapkan berkontribusi sekitar 35% terhadap target marketing sales tahun ini. Kedua proyek itu mampu membukukan rata-rata kenaikan harga jual tahunan sekitar 35% untuk produk proper ti Metland Cibitung dan sekitar 17% untuk proyek Metland Cileungsi," jelas Lidya.

Penjualan serta pengoperasian beberapa proyek komersial tentu ikut menambah tren pertumbuhan kinerja keuangan perseroan. Misalnya, pengembangan Grand Metropolitan, Hotel Horison Seminyak Bali, Hotel Horison Jakar ta, dan ekstensi Horison Bekasi.

"Kami memperkirakan kontribusi pendapatan berkelanjutan (recurring incomes) sekitar 20-25% terhadap total EBIT perseroan dalam lima tahun ke depan. Peningkatan recurring incomes seiring dengan penambahan beberapa aset, seperti perluasan mal dan pengembangan tiga hotel baru," tutur Lidya.

CIMB Securities menempatkan saham Metland berkode MTLA di posisi tiga berdasarkan semua metrik profitabilitas sektor properti. Tingginya profitabilitas perseroan didukung oleh membaiknya prospek pertumbuhan dan estimasi peningkatan arus kas, sehingga kualitas laba jangka panjang lebih baik.

"Kami menaikkan target harga saham MTLA menjadi Rp 700 dibandingkan perkiraan semula Rp 650 dengan peringkat outperform. MTLA merupakan pilihan utama kami untuk produk dengan fokus pendapatan menengah," jelas Lidya.

Sementara itu, analis Danareksa Sekuritas Anindya Saraswati mengungkapkan, Metland diperkirakan mampu mencetak pertumbuhan pendapatan tahun ini menjadi Rp 778 miliar dibandingkan estimasi tahun lalu senilai Rp 542 miliar.
Sedangkan laba bersih diharapkan tumbuh dari Rp 157 miliar menjadi Rp 200 miliar.

Sementara Margin laba bersih tahun ini diprediksi mencapai 25,8%. "Pertumbuhan kinerja keuangan didukung oleh penjualan lahan seluas 9,1 ha untuk pengembangan di lima proyek propertinya," tulis dia dalam risetnya.

Karenanya, Danareksa Sekuritas merekomendasikan beli saham MTLA dengan target harga Rp 550. Target ini mengimplikasikan estimasi PE 2012-2013 masing-masing sekitar 20,8-16 kali. Pada perdagangan saham di BEI kemarin, saham MTLA ditutup menguat pada harga Rp 420. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger