' Dzumafo dan Kenji Semakin Mengkilap - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dzumafo dan Kenji Semakin Mengkilap

Dzumafo dan Kenji Semakin Mengkilap

Written By dodi on Monday, October 8, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, sepertinya lebih condong memainkan skema permainan 4-2-3-1 yang mengandalkan satu ujung tombak atau pemain yang bertugas sebagai pencetak gol di barisan depan. Hal itu terlihat dari sejumlah latihan dan laga uji coba yang dilakoni skuad Maung Bandung tiga pekan terakhir ini. Dengan pola permainan tersebut, striker Herman Dzumafo Epandi dan Kenji  Adachihara tentu saja harus kompak untuk bergantian peran.

Namun hal itu tidak dikeluhkan oleh Kenji dan juga Dzumafo, striker subur gol asal Kamerun itu. “Untuk skema permainan, harus bisa cepat adaptasi. Kalau aku jadi lebih depan atau agak ke belakang tidak masalah. Tergantung posisi bermain yang ditentukan pelatih. Jika aku berada lebih belakang, aku cari support dan cari teman agar dia (Kenji) cetak gol,” ujar Dzumafo kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Hal senada diungkapkan tandemnya, Kenji. Dirinya pun memiliki tekad serupa dengan tandemnya Dzumafo. Dia bertekad memberikan yang terbaik setelah resmi berkostum Maung Bandung. Soal adaptasi, Kenji juga mengaku tak ada masalah, bertahap seiring proses latihan komunikasi akan terjalin dengan sendirinya. "Tidak ada masalah soal komunikasi, khususnya dengan Dzumafo, karena sebelumnya saya sudah tahu dia," cetus mantan pemain Persiba Balikpapan ini.

Dari sekian banyak legiun asing Asia yang beredar di kancah sepak bola dalam negeri, nama Kenji merupakan salah satu pemain yang patut diperhitungkan. Dari 13 gol yang dia sumbangkan untuk Persiba pada musim lalu, bisa menjadi garansi bahwa Kenji memiliki integritas dan kualitas yang cukup mumpuni.

Sementara itu, asisten pelatih Persib, Sutiono Lamso, menyatakan cukup puas menyaksikan permainan Dzumafo dan Kenji meski baru menjalani sesi latihan selama empat pekan plus tiga kali uji coba. Sutiono Lamso mengaku senang melihat kerjasama keduanya, saat membungkam Saint Prima 6-0 di Stadion Siliwangi, Jumat (5/10) kemarin. Padahal menurutnya, kedua legiun asing tersebut belum diberikan spesialisasi, selama sesi latihan beberapa waktu lalu.

"Mereka bermain cukup bagus. Padahal sejauh ini kita masih latihan normal dan belum masuk ke spesialisasi. Kita baru menyatukan visi saja, tapi hasilnya lumayan baik. Keduanya sudah bisa saling berkomunikasi dengan baik, walaupun level lawan uji coba kita belum sama. Ini modal yang bagus untuk persiapan kita, menghadapi kompetisi nanti," ujar Sutiono yang pernah merebut gelar Juara Liga Indonesia pada musim kompetisi 1994-1995 silam saat memperkuat Persib.

Dia berharap, dari kedua pemain ini Maung Bandung dapat memperoleh banyak gol, yang diharapkan mampu memberikan kemenangan di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013 yang rencananya bergulir 5 Januari nanti. "Kita berharap banyak dari pemain ini. Mudah-mudahan mereka bisa memberikan gol yang bagus dan banyak. Kita sebagai pelatih, akan terus men-support agar mereka terus membuat gol untuk Persib," tandasnya.

Meski demikian, tambah Sutiono, ketajaman kedua pemain ini akan semakin ditingkatkan, agar lebih beringas di mulut gawang sehingga mampu menyumbang banyak gol bagi Maung Bandung. "Tim pelatih pasti akan memberikan solusi, bagaimana caranya lini depan bisa semakin tajam. Apa gunanya kalau lini belakang bagus, tengah bagus, tapi depannya enggak tajam. Mereka kita harapkan bisa membuat momen harus bikin gol. Kalau touch kurang bagus, kita akan evaluasi. Jadi intinya, kita akan buat mereka betul-betul tajam sebagai seorang penyerang," ujarnya.

Dia berharap, dengan waktu persiapan yang masih cukup panjang, dapat membuat barisan lini depan Persib bisa semakin mengerikan di kompetisi ISL nanti. "Dari latihan dan uji coba, memang ada peningkatan. Tapi kita belum main di level seimbang. Makanya saya belum bisa berkomentar lebih jauh. Mereka masih butuh latihan lagi agar lebih solid. Mudah-mudahan, target kita di kompetisi nanti terpenuhi. Jangan sampai, sekarang bagus tapi di kompetisi menurun. Kita juga harus jaga kondisi persiapan, agar mereka tetap main bagus," pungkasnya. FER/CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger