' DPRD Babel Belajar PAD Ke Purwakarta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » DPRD Babel Belajar PAD Ke Purwakarta

DPRD Babel Belajar PAD Ke Purwakarta

Written By dodi on Thursday, October 18, 2012 | 7:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengunjungi Kabupaten Purwakarta. Kedatangan para wakil rakyat Babel itu, untuk belajar tentang pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) yang dinilai telah mampu mensejahterkan masyarakatnya melalui berbagai kebijakan daerah.

 “Semua pelayanan publik kini difokuskan di desa. Sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan pelayanan dari pemerintah,” kata Dwi Sutrisno, Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintah Setda Purwakarta saat menerima kunjungan kerja DPRD Komisi B Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung kepada LINGKAR JABAR di gedung negara kabupaten, kemarin.

Sutrisno mengatakan, Pemkab Purwakarta kini tengah fokus memberikan pelayanan publik yang dipusatkan di desa melalui program Gempungan Diburuan Urang Lembur dilaksanakan tiga kali dalam satu pekannya. Dengan kegiatan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara langsung.

Mulai dari pelayanan dokumen kependudukan, seperti pelayanan pembuatan KTP, kartu keluarga (KK), akte kelahiran, donor darah, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan, pelayanan perpustakaan keliling sampai dengan pemeriksaan hewan ternak.

 "Melalui program Gempungan itu, manfaat yang paling dirasakan yakni setiap masyarakat kini memiliki KTP," ujarnya.

Belum lagi pembangunan infrastruktur jalan yang selesai tahun 2012 ini hingga jaringan pedesaan. Belum lagi, kata Sutrisno, pemasangan jaringan listrik gratis bagi warga miskin, juga pemberian jaminan kesehatan dan kematian bagi pekerja sosial maupun informal.

 "Untuk tahun 2013 mendatang, masyarakat akan diberikan jaminan pensiun," paparnya.

Sementara, Hendra Yunus, ketua rombongan kunjungan kerja Kabupaten Bangka menyatakan, Kabupaten Bangka memiliki wilayah yang hampir sama dengan Purwakarta. Karenanya salah satu tujuannya ke Purwakarta, untuk mempelajari tentang system PAD yang mencakup dari beberapa sektor.

Selain untuk belajar tentang pengelaolaan PAD, sambung Hendra, Komisi B Kabupaten Bangka juga akan berupaya dan mencari celah agar PAD-nya bisa meningkat secara signifikan. Sebab PAD Kabupaten Bangka sendiri, saat ini sekitar Rp50 miliar.  
"Makanya, disini kami akan belajar banyak tentang pengelolaan PAD," tukasnya. YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger