' Disnakertrans Jabar: Karyawan Punya Hak Masuk Organisasi Pekerja - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Disnakertrans Jabar: Karyawan Punya Hak Masuk Organisasi Pekerja

Disnakertrans Jabar: Karyawan Punya Hak Masuk Organisasi Pekerja

Written By dodi on Thursday, October 25, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG(LJ)- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat, menghimbau kepada pihak perusahaan untuk memberikan hak kepada pekerjaan untuk masuk kesalah satu kelompok organisasi pekerja.
 
Kepala Disnakertrans Jabar, Hening Widiatmoko mengatakan,seorang pekerja harus mengetahui dan memahami bahwa sebagai individu mereka memiliki keterbatasan dalam menyampaikan keinginannya untuk menaikkan harkat dan martabatnya. "Hanya melalui  usaha mengorganisir dirinya dan kegiatan kolektif mereka dapat secara efektif menyuarakan hak-haknya,"jelas pria berkacamata ini kepada wartawan di Bandung Rabu (24/10).
 
Lebih lanjut dikatakannya, organisasi yang dibutuhkan pekerja adalah serikat pekerja,tetapi kenyataannya banyak pekerja tidak menyadari bahwa serikat pekeraja adalah hak yang melekat bagi pekerja."Sebagaimana tercantum dalam deklarasi Universal Hak Asazi Manusia Pasal 23 ayat 4. Setiap orang berhak mendirikan dan memasuki serikat-serikat pekerja untuk melindungi kepentingannya,"Ujar Hening Widiatmoko.
 
Ditambahkannya kebebasan berserikat dan perlindungan hak berorganisasi juga dituangkan dalam Konvensi ILO No 87 tahun 1956,dimana pemerintah Indonesia telah meretifikasi melalui Kepres No 83 tahun 1988 pasal 2 bahwa para pekerja dan pengusaha,tanpa perbedaan apapun,berhak untuk mendirikan dan menurut aturan organisasi masing-masing,bergabung dengan organisasi lain atas pilihan mereka sendiri tanpa pengaruh pihak lain. Dan pasal 4 nya  mengatakan,organisasi pekerja dan pengusaha tidak boleh dibubarkan atau dilarang kegiatannya oleh pengusaha administratif,tegasnya.
   
Menurut Kadis Nakerstrans, Hening Widiatmoko,pihaknya  mengapresiasi para pekerja yang tergabung dalam Forum Buruh Pekerja Bersatu (FORBEST) akan melakukan deklarasi pada tanggal 28 Oktober mendatang bertempat di Taman Budaya Dago Kota Bandung.
Sebagaimana yang diatur dalam Kepmennakertrans nomor 201 tahun 2001 tentang keterwakilan dalam lembaga hububgab industrial.

Dalam Kepmen itu deinyatakan bahwa serikat pekerja/buruh yang dpat duduk dalam kelembagaan hubungan industrial didasarkan kepada hasil verifikasi keanggotaan serikat/pekerja buruh.Dengan demikian maka ada sebagaian besar serikat pekerja/buruh  yang belum  dapat duduk dalam kelembagaan hububgab industrial yang ada,sehingga dalam menyuarakan aspirasinya mereka cendrung menyampaikan  dalam bentuk demonstrasi,mogok kerja dan aksi-aksi lain yang cendrung mengarah kepada anarkisme.
   
berdasarkan realitas tersebut Disnakertrans Jabar berupaya terus memfasilitasi serikat pekerja/buruh yang tidak terwadahi dalam lembaga kerjasama Tripartit(LKS-Tripartit) dan dewan pengupahan untuk membuat suatu wadah atau lembaga sebagai alat guna menyampaikan aspirasi mereka.Diharapkan gagasan pembentukan Forum tersebut dapat mewadahi aspirasi kawan-kawan yang tergabung dalam serikat pekerja/buruh serta dapat mengeliminir gejolak-gejolak yang muncul dalam hubungan industiral,"imbuh Hening Widiatmoko.(FER)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger