' Dede Yusuf Terima Amanat ke Pilgub 2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dede Yusuf Terima Amanat ke Pilgub 2013

Dede Yusuf Terima Amanat ke Pilgub 2013

Written By dodi on Monday, October 8, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG - Tanpa kehadiran Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat khusus dan menetapkan Yusuf Macan Effendi atau lebih populer dipanggil Dede Yusuf, menjadi Calon Gubernur (Cagub) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar yang akan digelar awal tahun 2013. Dede yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jabar diusung Demokrat lantaran elektabilitas (tingkat keterpilihannya) yang paling tinggi.

Lantas bagaimana dengan calon wakil gubernur (Cawagub) pendamping Dede Yusuf nanti? Partai yang dilahirkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menyebutkan soal Cawagub harus dikonsultasikan dulu dengan Dede. "Untuk wakil, (Majelis Tinggi) masih menunggu hasil konsultasi. Bagaimanapun, Dede Yusuf harus cocok dengan orang tersebut (calon wakil gubernur)," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Saan Mustofa kepada wartawan, Minggu (7/10).

Saan menuturkan, rapat Majelis Tinggi Demokrat di kediaman Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jumat (5/10) lalu. Dalam rapat tersebut, Anas Urbaningrum, berhalangan hadir dikarenakan sakit dan diwakili oleh Sekjend DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Namun dapat dipastikan bahwa seluruh elite Demokrat menyepakati nama Dede layak maju menghadapi sejumlah nama besar di Pilgub Jabar.

Lantas bagaimana dengan tanggapan Dede Yusuf mengenai kabar ini? "Saya ingin mengucapkan terimakasih karena Partai Demokrat telah memberikan kepercayaan dan saya siap menerima dan menjalankan amanat ini," ujar Dede ketika dihubungi secara terpisah. Ditegaskannya, setelah SK penetapannya sebagai Cagub diteken, maka dirinya langsung bergerak cepat untuk mempersiapkan langkah dan upaya pemenangan di Pilgub.

Ketika disinggung soal siapa kemungkinan calon pendampingnya, Dede berujar hal itu belum dipikirkannya. "Saat ini saya harus menyiapkan segala sesuatunya," ujarnya. Bagaimana dengan lima kandidat yang dilansir Macan Center, tim pemenangan Dede Yusuf? "Soal itu tanyakan langsung pada Macan Center, saya telah menyerahkan pada mereka untuk berbicara," tandasnya.

Sementara itu, PAN yang sebelumnya sudah menyatakan sikap mendukung Dede Yusuf di Pilgub, langsung ambil sikap dengan mengusulkan beberapa nama Cawagub untuk mendampingi Dede. Diantaranya, yakni Sekretaris Provinsi Jabar Lex Laksamana dan Ketua DPW Jabar PAN Irjen Pol.Purn. Edi Darnadi yang merupakan mantan Kepala Polda Jabar.

"Pak Lex itu dinilai tepat untuk mendampingi Kang Dede karena beliau dari birokrat. Pa Edi juga sebagian kader mendorong untuk menjadi calon," kata Ketua Umum Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA), Rusli Halim, kemarin malam. Namun menurut Rusli, teman-teman di internal DPW PAN Jabar lebih mendukung Edi untuk maju bersama Dede Yusuf di Pilgub 2013 nanti. "Nanti kita akan membahas lebih jauh siapa yang lebih pantas mendampingi," terang

Belum lama ini, tim sukses Dede Yusuf yang tergabung dalam "Macan Center" telah merekomendasikan tujuh nama unntuk mendampingi Dede, yakni Bupati Kuningan, Aang Hamid Suganda; Bupati Indramayu, Anna Sophanah; Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana; Walikota Banjar, Herman Sutrisno; Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Iwan Sulanjana;  Sekda Jawa Barat Lex Laksamana; dan Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka. FER/COK
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger