' Bulog Cirebon Stabilkan Harga Sembako Melalui Bulog Mart - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Bulog Cirebon Stabilkan Harga Sembako Melalui Bulog Mart

Bulog Cirebon Stabilkan Harga Sembako Melalui Bulog Mart

Written By dodi on Tuesday, October 9, 2012 | 7:00 AM


CIREBON - Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Cirebon-Jawa Barat dalam waktu dekat akan meluncurkan Bulog Mart. Layanan sejenis toko kelontong ini, difungsikan untuk menstabilisasikan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat atau sembako, sehingga menitikberatkan pada komoditas beras, gula, minyak goreng, dan kedelai.

"Tetapi Bulog Mart tidak akan bersaing dengan pedagang kecil. Malah sebaliknya, mereka akan dijadikan mitra dalam mengembangkan perekomomian masyarakat," kata Kepala Bulog Subdivre Cirebon Benhur Engkaimi Senin (8/10). Menurutnya, Bulog pun memiliki tugas untuk membina pedagang kecil sebanyak-banyaknya.

Dengan adanya Bulog Mart, setelah bermitra, pedagang kecil senantiasa mampu mengetahui dan menekan harga agar tetap stabil.
"Pastinya, setelah mereka menjadi mitra kami, kita akan melakukan kontrol. Kami tidak akan mengeluarkan barang apapbila di luar kapasitas usaha mereka. Bukan hanya itu, kami juga akan membantu permodalannya," katanya.

Dijelaskannya, Bulog Mart Cirebon nanti akan dibangun sebanyak 4 titik di sejumlah wilayah di Cirebon. Bulog Mart di Jalan Pemuda di samping kantor Subdivre Cirebon adalah yang pertama yang akan di-launching beberapa hari lagi.

Dalam kesempatan itu, Bulog Regional Cirebon berhasil meningkatkan pengadaan sebanyak 117 Ribu ton setara beras. Jumlah tersebut terhitung sejak Januari hingga akhir September 2012. Dan sebanyak 60 ribu ton masih siap menjadi stok hingga Juni 2013 mendatang.

Menurut Benhur, pihaknya berhasil meningkatkan kuantitas pengadaan hingga 117 ribu ton sejak Januari hingga September tahun ini. Jumlah tersebut jauh dari jumlah pengadaan dua tahun lalu. "Sejak Januari hingga akhir September tahun ini, jumlah pengadaan mencapai 117 ribu ton. Jauh lebih baik dari dua tahun yang lalu. Dan sebanyak 60 ribu ton masih kami siapkan hingga Juni 2013 mendatang," katanya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat agar tidak takut dan panik perihal kehilangan pangan. Karena jumlah tersebut pasti mencukupi hingga Juni 2013 mendatang. Pihaknya pun siap menangani apabila terjadi gejolak di pasar terkait kekurangan barang di pasar. "Pokoknya masyarakat jangan takut dan waswas, kalau tiba-tiba ada yang menaikan harga, kami akan lakukan operasi pasar," tambahnya. GYO/PIP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger