' Budaya Pancasila Bangun Jati Diri Bangsa - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Budaya Pancasila Bangun Jati Diri Bangsa

Budaya Pancasila Bangun Jati Diri Bangsa

Written By dodi on Tuesday, October 2, 2012 | 7:00 AM

DEPOK (LJ) - Upaya menanggulangi dan mengembalikan jati diri bangsa Indonesia yang kian termakan erosi akibat intervensi budaya asing, yang menurunkan citra dan martabat bangsa.

"Maka peran dan fungsi pelaku seni budaya sangat diharapkan, dengan  membudayakan Pancasila melalui karya seninya. Hal itu harus turut memelihara, dan membangun kembali jati diri bangsa Indonesia," ungkap Kepala Bidang Pariwisata dan Seni Budaya, Dinas Pemuda olahraga Pariwisata dan Seni Budaya (Disporsenbud) kota Depok, Teddy Hasanudin kepada LINGKAR JABAR, usai acara sarasehan budaya, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP), yang diisi pembacaan teks Pancasila oleh Siswa SD, SMP Dimas dan Rianti, pentas teatrikal musikalisasi puisi, tembang, kidung, musik, kemarin, di Padepokan Kendalisodo, Depok.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Kepala Bidang Pariwisata dan seni Budaya, Ketua DPD Partai Golkar juga Ketua Fraksi Golkar DPRD, Babai Suhaimi, Ketua DPC Partai  Hanura Depok, Syamsul Marasabessy, para seniman se-kota Depok.

Teddy mengatakan, melalui karya seni yang positif dapat senafas dengan program pembangunan bidang budaya yang dicanangkan oleh Pemerintah. "Pemkot berupaya responsive terhadap aspirasi para pelaku seni, di antaranya dengan pembangunan gedung Kesenian yang bertahap itu," ujarnya. 

Dia berharap kerjasama dengan dinasnya dapat ditingkatan, sehingga setiap kegiatan yang ada dapat di programkan sebagai agenda kegiatan Disporsenbud Kota Depok dalam event tahunan secara berkesinambungan.

Sementara pimpinan Padepokan Kendalisodo P. Hardiman, pada LINGKAR JABAR mengatakan, pihaknya dalam pengembangan seni budaya di Kota Depok sangat peduli akan pembangunan karakter budaya yang Pancasila. "Hal ini dapat diwujudkan melalui pertunjukan dalam setiap peringatan hari besar nasional meskipun di Kota Depok, belum tersedia fasilitas yang representative untuk ruang  ekpresi seniman di Kota Depok," ujarnya. TYS/HRS         
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger