' BPN Bantu Ratusan Warga Tonjong Berobat Gratis - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » BPN Bantu Ratusan Warga Tonjong Berobat Gratis

BPN Bantu Ratusan Warga Tonjong Berobat Gratis

Written By dodi on Friday, October 19, 2012 | 7:00 AM


KAB BOGOR (LJ)- Sedikitnya 550 warga di Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor mendapatkan pengobatan gratis dalam rangkaian kegiatan bulan bakti Agraria Nasional tahun 2012 ke 52 yang digelar di komplek perumahan BPN, Kamis (19/10).

Kegiatan sosial yang kali ini dilaksanakan Dharma Wanita Persatuan BPN itu, dinilai sangat membantu warga terutama mereka yang tergolong keluarga miskin. "Saya sangat terbantu sekali adanya kegiatan sosial yang dilakukan BPN ini, karena saya bisa berobat gratis dan mendapatkan obat dari panitia," aku Tati (53), warga Kampung/Desa Tonjong RT 01/02 Kecamatan Tajurhalang kepada LINGKAR JABAR usai mengikuti pengobatan gratis, Kamis (18/10).

Tati mengatakan, dirinya ikut dalam kegoatan sosial ini karena sudah beberapa bulan ini pundaknya merasa sakit dan linu. Tetapi, akibat tidak memiliki uang untuk berobat akhirnya rasa sakit yang dideritanya tak pernah diobati. "Jangankan berobat mas, untuk makan saja rasanya keluarga saya masih kekurangan. Sebab pekerjaan suami saya hanya sebagai buruh dan tidak mempunyai penghasilan tetap," keluh ibu tiga anak itu sambil memegang lengan sebelah kanannya yang sering dirasakan sakit.

Ia berharap, kegiatan yang kali pertama dilaksanakan BPN di wilayahnya itu terus dilakukan. Bahkan, keinginan Tati, ditahun berikutnya BPN menggelar kegiatan seperti ini dengan skala lebih besar lagi. "Karena disini banyak warga yang kondisi ekonominya sama seperti saya, maka tahun depan untuk jumlah warga yang mendapat pengobatan gratis lebih ditingkatkan lagi," paparnya.

Teddy R, panitia pelaksana (panpel) kegiatan baksos mengungkapkan, selama tiga bulan kedepan hingga tanggal 24 Desember, bulan bakti Agraria Nasional tahun 2012 akan terus dilaksanakan di seluruh Indonesia.Untuk kegiatan sekarang, lanjutnya, BPN bekerjasama dengan Yayasan Hijau Putih mengambil tempat bakti sosial dengan mengelar pengobatan gratis di komplek perumahan ini.

Adapun kegiatan sosial sekarang meliputi, pengobatan umum, gigi, mata atau penderita penyakit katarak, operasi minor atau bibir sumbing, khitanan massal dan KB (Keluarga Berencana). "Nah, BPN sendiri dalam kegiatan ini hanya menyediakan lokasi dan alat untuk pengobatan serta mencari warga yang akan ikut berobat. Untuk tim medis maupun obat-obatan semua ditanggung Yayasan Hijau Putih," terangnya.

Kebetulan di Jawa Barat (Jabar), sambung Teddy, dalam kegiatan bulan bakti Agraria dilakukan para Dharma Wanita BPN. Sedangkan kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan BPN, menggelar donor darah bekerjasama dengan PMI. "Kalau kegiatan donor darah akan digelar di kantor BPN, baik pusat ataupun yang ada ditiap daerah," jelasnya.

Sementara, dr. Erri Supriadi, Ketua Yayasan Hijau Putih mengaku baru pertama kalinya menggelar kegiatan baksos bekerjasama dengan BPN. Karena, selama empat tahun yayasan ini berdiri selalu mendampingi setiap kegiatan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). "Hampir seluruh Indonesia setiap SIKIB menggelar kegiatan, Yayasan Hijau Putih mendampinginnya. Terlebih sasaran pengobatan atau kegiatan lebih kepada warga miskin yang membutuhkan pertolongan," ujarnya.

Ditanya soal peran Yayasan Hijau Putih dalam kegiatan pengobatan gratis di komplek BPN Tonjong saat ini, Erri menjelaskan, jika yayasannya hanya mendatangkan tim medis dan menyediakan obat. "Di kegiatan sekarang, sebanyak 16 dokter turun melakukan pengobatan terhadap warga Tonjong, mulai dari dokter umum, spesialis, dokter gigi serta gizi," tukasnya. DED/ALI        
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger