' BKPP Gelar Sosialisasi PP 46 Tahun 2011 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » BKPP Gelar Sosialisasi PP 46 Tahun 2011

BKPP Gelar Sosialisasi PP 46 Tahun 2011

Written By dodi on Wednesday, October 17, 2012 | 7:00 AM


KAB BOGOR (LJ)- Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) kumpulkan para  kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) beserta 40 camat di Kabupaten Bogor. Hal itu terkait adanya perubahan PP (Peraturan Pemerintah) 10 tahun 1979, menjadi PP 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja PNS, Selasa (16/10) bertempat di Gedung Serbaguna II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor.

Aty Guniarwati, Kepala BKPP menjelaskan, didalam PP 10 tahun 1979 dengan PP 46 tahun 2011 yang disahkan Desember 2011 memiliki perbedaan. Dimana, di PP lama ada 8 unsur dan 22 sub unsur penilaian prestasi kerja yang harus dilaksanakan PNS (Pegawai Negeri Sipil), yakni kesetiaan 17 sub unsur, prestasi kerja 25 sub unsur, tangungjawab 30 sub unsur, ketaatan 25 sub unsur, kejujuran 15 sub unsur, kejasama 30 sub unsur, prakarsa 15 sub unsur, dan kepemimpinan 55 sub unsur.

 "Untuk kesetiaan harus mendapat nilai diatas 91 serta tidak ada sanksi bagi PNS, jika nilainya tidak sampai target atau sesuai ketentuan," ungkap Aty, kepada LINGKAR JABAR.

Sementara, didalam PP 46 tahun 2011 yang baru disahkan itu, penilaian prestasi kerja meliputi beberapa point, pertama dinilai dari SKP (Sasaran Kerja Pegawai) meliputi aspek Kuantitas, yakni ukuran jumlah atau banyaknya hasil kerja yang dicapai, Kualitas atau ukuran mutu setiap hasil kerja yang dicapai, Waktu dengan melihat ukuran lamanya proses setiap hasil kerja dicapai dan Biaya, besaran jumlah anggaran yang digunakan setiap hasil kerja.

Sedangkan penilaian prestasi kerja kedua, terkait prilaku kerja yang meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan. Bobot nilai sendiri, setiap PNS harus mencapai target penilaian SKP sebesar 60% dan prilaku kerja 40%.

 "Nah, kalau di PP baru ada sanksi yang akan dikenakan kepada PNS bila tidak menyusun SKP dijatuhi hukuman disiplin kepegawaian sesuai Pasal 6. Capaian sebesar 25% mendapat hukuman disiplin tingkat berat, capaian 25-50% hukuman disiplin tingkat sedang," jelas Aty.

Adapun penilaian prestasi kerja PNS, bertujuan untuk menjamin objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem kerja dan system karier, dengan menitikberatkan pada sistem prestasi kerja berdasarkan penilaian, objektifitas, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Dalam penilaian prestasi kerja PNS terdiri dari unsur, SKP dan prilaku kerja.  

Aty mengungkapkan, SKP meliputi 15 point, diantaranya setiap PNS wajib menyusun SKP, SKP memuat tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian bersifat nyata serta dapat diukur. SKP harus disetujui dan ditetapkan oleh pejabat penilai, SKP ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari, setiap instansi menyusun dan menetapkan standar teknis kegiatan sesuai dengan karakteristik, sifat, jenis kegiatan dan kebutuhan tugas masing-masing jebatan.

 "Penilaian prilaku kerja meliputi, orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disipilin, kerjasama dan kepemimpinan. Untuk penilaian kepemimpinan hanya dilakukan bagi PNS yang menduduki jabatan struktural, penilaian prilaku dilakukan melalui pengamatan oleh pejabat penilai terhadap PNS sesuai kriteria yang ditentukan. Pejabat penilai dalam melakukan penilaian prilaku kerja PNS, dapat mempertimbangkan masukan dari pejabat penilai lain yang setingkat di lingkungan unit kerja masing-masing, dan nilai prilaku kerja dapat diberikan paling tinggi 100 persen," ujarnya.

 "PP 46 tahun 2011 ini, baru akan berlaku aktif pada tanggal 1 Januari 2014 mendatang. Tapi kami lakukan sosialisasi sekarang, agar para PNS di lingkungan Pemkab Bogor sudah memahami dan mengerti saat akan diberlakukan nanti," tukas Aty. DED





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger