' BKKBN & OPD Pemprov Jabar Gelar Roadshow PGP - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » BKKBN & OPD Pemprov Jabar Gelar Roadshow PGP

BKKBN & OPD Pemprov Jabar Gelar Roadshow PGP

Written By dodi on Monday, October 22, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG (LJ) - Luasnya wilayah Jawa Barat menyebabkan program bidang kesehatan, kependudukan dan keluarga berencana dirasa kurang merata. Menyikapi hal tersebut, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jabar bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Roadshow pantai selatan di lima wilayah, yaitu Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu dan berakhir di Cirebon.

Tim Roadshow Mobil Unit Penerangan (Mupen) ini dilepas gubernur Jabar Ahmad Heryawan di halaman Gedung Sate, akhir pekan kemarin. Dalam sambutannya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, apa yang telah dilakukan BKKBN dan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov ini merupakan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat, dengan memberikan penyuluhan, pemberian bantuan sehingga mereka terus berinovasi dan termotivasi untuk selalu terlibat dalam membangun daerahnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Siti Fathona menerangkan, dalam Pekan Gebyar Pantura (PGP) ini, berlangsung kegiatan rutin pelayanan program kependudukan  dan keluarga berencana(KKB) maupun kegiatan lain seperti aspek kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan dan lain-lain. Di dalamnya, terdapat pelatihan tata kecantikan rambut, pendataan penderita katarak dan bibir sumbing.

"Kemudian penyuluhan kesehatan reproduksi, penyuluhan anti trificking dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS," ujarnya. Kegiatan ini, lanjutnya, bukan hanya milik BKKBN semata, tetapi juga program pembangunan Jawa Barat dengan melibatkan 14 instansi di OPD Pemprov dan pemerintah kabupaten yang dilalui roadshow PGP.

Menurut Fathona, pembanguanan KKB memiliki konstribusi signifikan terhadap upaya peningkatan kualitas penduduk sehingga besarnya penduduk menjadi modal utama pembangunan di Jawa Barat. Seiring dengan itu, maka perlu dilakukan upaya advokasi dan penyebarluasan informasi kepada seluruh masyarakat. "Sehingga tumbuh kesadaran dan berkembang menjadi gaya hidup keluarga kecil bahagia sejahtera," harap Fathona.

Sementara itu, Ketua Panitia PGP Saprudin Hidayat mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dengan mendatangi langsung, sebagai sarana mengajak masyarakat untuk mengikuti program KB. "Terutama kepada masyarakat tidak mampu untuk menginggatkan bahwa dua anak lebih baik," terang pria selalu rapi ini yang juga sekretaris BKKBN Jabar.

Ditambahkannya kegiatan PGP meliputi bebyar KIE dan promosi pemberdayaan tentang penyuluhan program kependudukan dan keluarga berencana, pelayanan KB metode konstrasepsi jangka panjang, pemetaan pasangan usia subur(PUS), pembinaan ketahanan keluarga dan pemutahiran data keluarga," ujarnya seraya menambahkan pada saat bersamaan juga berlangsung desiminasi kegiatan perlindungan konsumen, pembukaan klinik konsultasi, layanan perpustakaan keliling, bakti sosial dan lain-lain.

Sementara itu Kepala Bidang Advokasi Pergerakkan dan Informasi BKKBN Jabar, Rudy Budiman menerangkan, kegiatan ini merupakan momentum mendekatkan layanan ber-KB dengan metode MKJP, khusus IUD dan Implant. "Kegiatan ini juga didesain sebagai media pendekatan pembinaan kesertaan kelompok Tri  Bina dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera(UPPKS)," imbuhnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger