' Belum Semua Peserta Lelang Megaproyek PLTSa Kembalikan Formulir - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Belum Semua Peserta Lelang Megaproyek PLTSa Kembalikan Formulir

Belum Semua Peserta Lelang Megaproyek PLTSa Kembalikan Formulir

Written By dodi on Thursday, October 4, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG,(LJ)- Tim lelang pelaksanaan pra kualifikasi megaproyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) memprediksi dalam dua pekan kedepan akan dapat merampungkan tahap akhir evaluasi perusahaan peserta tender megaproyek tersebut. Pasalnya, sampai saat ini tim baru melakukan evaluasi terhadap enam dari tujuh perusahaan peserta.

"Namun dari tujuh perusahaan yang telah mengembalikan formulir keikutsertaan tinggal satu yang belum dilakukan pemeriksaan secara seksama. Jadi kita perkirakan butuh waktu sampai dua pekan kedepan untuk merampungkan pengecekan dan pemeriksaan formulir peserta," jelas Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Ahmad Rekotomo, ketika ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (3/10).

Megaproyek yang diestimasi membutuhkan dana mencapai sekitar Rp 624 miliar, dan seluruhnya akan ditanggung oleh swasta. Rencananya akan berdiri di atas tanah seluas 20 hektar di kelurahan Rancanumpang kecamatan Gedebage.Pemkot Bandung dalam hal ini, hanya menyediakan lahannya saja, sementara sisanya untuk bangunan pabrik dan pengelolaannya nanti akan dilakukan oleh pihak swasta.

Menurut Ahmad Rekotomo hasil evaluasi terhadap enam perusahaan yang telah mengembalikan formulir keikutsertaan, diektahui bahwa perusahaan luar negeri memiliki keunggulan dibanding perusahaan dalam negeri. Namun, hal ini akan berbeda kalau ada perusahaan dalam negeri yang melakukan kerjasama dengan pihak luar, ada kemungkinan kualitasnya dapat sejajar dengan perusahaan asal luar negeri.

"Kita belum tahu apakah ada perusahaan dalam negeri yang melakukan hal itu, kalaupun ada bisa saja mereka mempunyai keunggulan yang sama dengan perusahaan luar negeri," ujarnya.

Sebelumnya,saat diinformasikan adanya pelaksanaan megaproyek, tercatat ada 26 perusahaan yang mengambil formulir, hanya tujuh yang mengembalikan formulir keikutsertaan pada tahap pra kualifikasi PLTSa sampai batas akhir waktu yang ditentukan, yaitu tiga perusahaan asal Indonesia, dua dari Korea Selatan, satu dari Cina, dan satu lagi dari Jepang.

Ahmad Rekotomo membenarkan, ada perusahaan Indonesia yang melakukan joint operation dengan perusahaan luar negeri, dan perusahaan itu mendaftarkan diri atas nama perusahaan Indonesia tersebut.Selain itu, ada juga yang mendaftarkan nama perusahaannya atas perusahaan luar negeri. "Mitra mereka itu adalah perusahaan yang berasal dari Korea ," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan bila tahap pra kualifikasi sudah berakhir, maka akan dilanjutkan dengan pengumuman dan penetapan hasil evaluasi pra kualifikasi. Untuk mereka yang ditetapkan sebagai pemenang, maka perusahaan lain selaku peserta mendapat kesempatan melakukan sanggahan."Target kita dalam tiga bulan ini sudah bisa ditentukan pemenangnya," kata Rekotomo.

Sedangkan setelah penetapan pemenang, masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum memulai pembangunan fisik. "Setelah itu ada pembuatan kontrak sekian bulan, kemudian kepengurusan izin-izin, estimasinya maksimal enam bulan," ucapnya.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger