' Anggota MPR Yuyus: Masih Ada Pejabat Tak Hafal Isi Pancasila - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Anggota MPR Yuyus: Masih Ada Pejabat Tak Hafal Isi Pancasila

Anggota MPR Yuyus: Masih Ada Pejabat Tak Hafal Isi Pancasila

Written By dodi on Monday, October 8, 2012 | 7:00 AM

BANDUNG, (LJ)- Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Yusyus Kuswandana mengatakan menjalankan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dapat menjadi pemecah berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia saat ini. Namun, implementasi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika masih belum maksimal.

"Selama saya mengunjungi daerah-daerah, saya masih menemukan ada masyarakat yang belum hafal Pancasila.Ironisnya lagi, bahwa ternyata diantara masyarakat yang tidak hafal itu ada dari kalangan pejabat pemerintahan," kata Yuyus dalam Seminar Kebangsaan dan Bela Negara , kemarin.

Dikatakan Yuyus masih banyak kalangan pejabat pemerintah yang tidak memahami dan mengingat isi Pancasila, adalah suatu hal yang harus disikapi. Bagaimana kita bisa minta mereka menerapkan Pancasila dalam kehidupan kalau isinya saja tidak hafal."Kedepan saya harap, mereka yang ingin menjadi kepala daerah sebaiknya harus menghafal dan mengamalkan Pancasila dan menjadi prasyarat baik tersirat maupun tersurat," jelas Yusyus.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, provinsi dan kab/kota dapat berperan dalam pembangunan karakter bangsa yang diwadahi dalam NKRI. PPD menurutnya dapat menjadi teladan untuk membumikan nilai-nilai kebangsaan ini yang sudah lahir dalam Pancasila dan tertuang pula dalam UUD 1945.

Pancasila menurut Yuyus mengandung nilai agama secara universal dan nilai kultur juga masuk dalam Pancasila. Inilah yang membuat Pancasila dapat menjadi pengawal bangsa. Bahkan, dalam Pembukaan UUD 1945 pun disampaikannya memuat kalimat "atas ramhat Allah yang Mahakuasa" yang menunjukkan Indonesia sebagai negara agamais yang memiliki pilar-pilar yang sempurna.

"Nilai Pancasila tidak akan pernah hilang dari bumi Indonesia karena lahir dan ada dari bumi Indonesia. Nilai Pancasila lebih dari sekedar dasar negara tetapi juga dasar atau jati diri sebuah organisasi," kata Yusyus. (GUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger