' AFF Hanya Akui Timnas PSSI, KPSI Frustasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » AFF Hanya Akui Timnas PSSI, KPSI Frustasi

AFF Hanya Akui Timnas PSSI, KPSI Frustasi

Written By dodi on Tuesday, October 30, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - Keinginan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) untuk mendaftarkan tim nasionalnya ke Piala AFF tampaknya harus kandas. Dalam situs resminya, Federasi Sepakbola Asean (AFF) merilis nama-nama yang terdaftar adalah nama pemain timnas yang dikirim oleh PSSI, bukan KPSI yang dipimpin oleh La Nyalla Matalitti. Kegagalan tersebut bagaikan pukulan telak bagi KPSI yang sebelumnya optimis timnya yang akan turun di Piala AFF, November mendatang.

Meski begitu, dalam rilis yang dipublikasikan pada Senin (29/10) itu, nama-nama pemain dari klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang dikelola KPSI juga tercatat dalam skuad Indonesia. Di antaranya adalah, Bambang Pamungkas, Firman Utina, I Made Wirawan, Patrich Wanggai, Ahmad Bustomi, dan Hamka Hamzah. Sementara untuk posisi pelatih, nama Nil Maizar dan asistennya Fabio Olievira.

Seperti diberitakan sebelumnya, rapat dewan AFF di Yangon, Myanmar, Minggu (14/10) lalu, telah memutuskan bahwa wakil Indonesia di Piala AFF 2012 adalah tim yang mendapatkan rekomendasi dari PSSI. Pada pertemuan tersebut, Indonesia diwakili oleh ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin dan Sekretaris Jenderal PSSI, Halim Mahfudz. Keduanya pun telah melaporkan kondisi dan perkembangan yang terjadi pasca rapat kedua Joint Committee di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu.

Bukan rahasia lagi, konflik sepak bola berkepanjangan di Indonesia tak hanya membuat kompetisi terbelah menjadi dua. Imbasnya, dua tim yang mengaku berhak mewakili Indonesia di gelaran Piala AFF pun terbentuk. Timnas Indonesia yang selama ini berlatih di bawah pantauan Nil Maizar dan tim KPSI yang dilatih oleh Alfred Riedl. "Para anggota AFF telah memutuskan, peserta Piala AFF 2012 untuk timnas Indonesia adalah yang direkomendasikan PSSI," tulis rilis dari pertemuan tersebut.

Sebelumnya, AFF juga telah menyatakan kesiapannya membantu Indonesia agar bisa terlepas dari sanksi FIFA. Sanksi ini bisa saja terjadi apabila kemelut yang terjadi di persepakbolaan Indonesia tak kunjung usai. Terlebih setelah Joint Comitte bentukan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang bertugas menengahi konflik PSSI-KPSI menemui jalan buntu karena kedua belah pihak yang bertikai sama-sama bersikeras pada keinginannya masing-masing.

Di lain pihak, kubu PSSI menilai upaya KPSI untuk meminta bantuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sengkarut sepak bola Indonesia dinilai bakal sia-sia. SBY diyakini tak akan terpancing sampai intervensi ke dalam PSSI. Menurut Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Tondo Widodo, upaya KPSI ini tak lebih seperti pelipur hati mereka saja, setelah pendaftaran pemain mereka ditolak AFF.

Padahal, menurut Tondo, KPSI juga sadar bahwa upaya mereka tak bakal mendapat respon SBY. "Beberapa waktu lalu, mereka kirim surat ke SBY. Apa ini direspon? Nggak kan?" ujar Tondo kepada wartawan, kemarin. "SBY nggak mungkin ikut campur ke internal PSSI. Beliau paham bahwa resiko intervensi ini, kita bisa di-banned," sambungnya.

Sebelumnya, sempat beredar kabar, KPSI akan memfasilitasi beberapa pemain untuk bertemu dengan SBY. Para pemain itu direncanakan bakal mengadukan nasib mereka, yang 'tidak bisa' memperkuat timnas, kepada SBY. Tondo menambahkan bahwa dia memang mendengar kabar ini. Namun, dia tak yakin hal tersebut bakal menjadi kenyataan. "Saya yakin nggak akan diterima. Apa urgensinya sampai SBY sampai harus mengurus masalah ini?" tandasnya.

Berikut ini nama-nama pemain yang dirilis dari situs resmi AFF.

Kiper: Samsidar, Wahyu Tri Nugroho, Hendra Prasetya, I Made Wirawan.

Bek : Hengky Ardiles, Hamdi Ramdan, Wahyu Wijastanto, Diego Michiels, Fachrudin, Valentino Telaubun, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Hamka Hamzah, Arthur Irawan.

Tengah : Elie Aiboy, Vendry Mofu, Taufiq, Octavianus Maniani, Hendra Adi Bayauw, Jajang Paliama, Rasyid Assyahid Bakri, Firman Utina, Ahmad Bustomi, Raphael Guillermo.

Depan : Irfan Bachdim, Samsul Arif, M.Nur Iskandar, Rahmat Syamsudin Leo, Bambang Pamungkas, Patrich Wanggai, Cornelius Gedy, Andik Vermansyah, Johny Van Beukering, Tonnie Herry Cusel, Agung Supriyanto. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger