' Adu Kuat Dua Sahabat di Pilgub Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Adu Kuat Dua Sahabat di Pilgub Jabar

Adu Kuat Dua Sahabat di Pilgub Jabar

Written By dodi on Thursday, October 11, 2012 | 7:00 AM


BANDUNG - Ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 dipastikan akan berlangsung seru karena akan menampilkan pertarungan politik dua incumbent atau petahana, yakni Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Dede Yusuf. Rivalitas kedua sosok sentral di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jabar ini, tentu saja patut disimak. Namun Heryawan memiliki keunggulan lebih, yakni sebagai Gubernur yang memiliki potensi lebih untuk disokong oleh jajaran Pemprov Jabar dalam proses Pilgub.

Dede Yusuf, bagi Heryawan memang menjadi satu-satunya lawan tangguh dan bisa jadi dapat membenamkan dirinya dalam upaya merebut simpati masyarakat pemilih di Jabar yang tercatat sebanyak 36 juta jiwa lebih. Karenanya, Heryawan yang didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini jauh-jauh hari langsung mengutarakan kesiapannya untuk bertanding dengan Dede yang disokong Partai Demokrat, berebut suara pemilih.

Kesiapan untuk melawan Dede yang sangat populer karena berlatarbelakang artis peran dan model itu, dilontarkan Heryawan usai acara Rapat Sinergitas Penguatan Lembaga Penyiaran di Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, Kota Bandung, Rabu (10/10). "Demokrasi itu persaingan. Dengan siapapun siap, termasuk Pak Dede Yusuf. Makanya ikhitiar saja. Urusan Pilgub Jabar 2013 kan ikhtiar. Yang penting hari ini saya masih gubernur, kemanapun saya sah memakai nama gubernur,” jelas Heryawan.

Terkait pelaksanaan Pilgub Jabar yang sudah dimulai tahapannya, Heryawan meminta kepada semua pihak agar aktivitas dirinya sebagai Gubernur Jabar saat ini jangan dihubung-hubungkan dengan kampanye terselubung. "Itu jangan dihubung-hubungkan dengan kampanye atau macam-macam. Dulu saya sering ke buruh, petani, tapi karena masih jauh ke Pilgub Jabar jadi enggak disebut kampanye. Tapi kalau sekarang malah disebut kampanye," kata dia.

Sejauh ini, sudah tiga nama yang hampir dipastikan akan maju sebagai calon gubernur usungan partai politik. Selain Heryawan dan Dede, ada pula Irianto MS Syafiudin alias Yance dari Partai Golkar. Partai lain yang juga diperkirakan akan mengajukan calon gubernur adalah PDI Perjuangan. Hanya saja, PDIP belum memutuskan siapa yang akan diusung. Kuat dugaan nama itu takkan lari dari Nanan Sukarna dan Rieke Diah Pitaloka.

Satu pasangan calon lainnya diperkirakan akan maju lewat jalur independen. Sejauh ini, KPU Daerah Jawa Barat sudah memutuskan pasangan Dikdik Mulyana-Cecep S Toyib yang lolos verifikasi administrasi dari jalur perseorangan ini. Untuk memuluskan langkahnya ke kursi Pilgub, Heryawan pun sudah mengincar dua nama aktor populer di tanah air, yakni Deddy "Naga Bonar" Mizwar dan Primus Yulistio.

Sementara itu, setelah mundur dari pencalonan gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Deddy Dores menyatakan dirinya dan Daday Hudaya akan diusung partai politik pada Pilgub Jabar. "Kami sudah didukung partai untuk maju nanti, jadi kami memutuskan mundur dari pencalonan lewat jalur independen," ucapnya.

Dijelaskannya, pasangan Daday dan Deddy tetap akan satu paket sebagai calon gubernur dan wagub setelah diusung partai. "Iya, kami tetap berpasangan," ungkap Deddy. Sejauh ini, tambahnya, sudah ada 15 partai yang mengusungnya. "Partai pendukung kami di antaranya PPRN, Partai Patriot, PBB, PBR, total ada 15 partai," jelasnya.

Selain itu, Daday-Deddy juga membidik beberapa partai lain untuk berkoalisi, di antaranya Gerindra, PKB dan PPP. "Mereka kan belum berkoalisi atau menyatakan sikap," cetusnya. Meski ada hitungan tersendiri untuk pengusungan oleh gabungan parpol, Daday-Deddy tetap optimistis dapat melaju untuk meramaikan bursa Pilgub. Dan pada masa pendaftaran calon gubernur serta wagub pada 4-10 November, Daday-Deddy akan mendaftarkan diri. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger