' Wow, Dana Pilgub Jabar Habiskan Rp 1 Triliun Lebih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Wow, Dana Pilgub Jabar Habiskan Rp 1 Triliun Lebih

Wow, Dana Pilgub Jabar Habiskan Rp 1 Triliun Lebih

Written By dodi on Thursday, September 6, 2012 | 8:00 AM


BANDUNG – Dana untuk menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013, jumlahnya fantastis alias sangat besar. Bayangkan saja, hanya untuk memilih Gubernur dan Wakilnya, uang rakyat yang dikuras mencapai Rp 1,047 triliun. Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara pun berkomentar bahwa dana sebanyak itu setara dengan biaya pembangunan 24 gedung DPRD.

“Total anggaran Pilgub Jabar 2013 itu sangat besar mencapai Rp1,047 triliun. Uang sebesar itu bisa membangun 24 gedung DPRD atau membuat jalan sepanjang 3.573 kilometer. Atau kalau diekuivalenkan sama dengan anggaran untuk membangun 15.314 ruang kelas baru,” ujar Irfan dalam launching Tahapan Pilgub Jabar 2013 di Bale Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (5/9).

Meski demikian, tambah dia, anggaran Pilgub Jabar masih belum sebanding dengan anggaran Pilgub DKI Jakarta. Namun, Irfan meminta KPU Jawa Barat bisa melaksanakan seluruh tahapan Pilgub Jabar 2013 sebaik mungkin.

“Dengan anggaran itu, saya harap KPU Jabar bisa melaksanakan hajatan terbesar di Jabar ini dengan luber, jurdil, santun, baik dan cerdas. Kepada semua elemen masyarakat, berilah kepercayaan 100% kepada KPU untuk pelaksanaannya,” ucap politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sangat menginginkan kualitas pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 nanti. Karena itu, Pemprov Jabar tak ragu-ragu menggelontorkan dana hingga lebih dari Rp1 triliun untuk pelaksanaannya.

"Tidak usah heran kalau semua pihak membangun kerja sama sinergis yang menghasilkan hasil yang baik juga. Anggaran besar ini untuk modal dasar pembangunan yang hasilnya akan melebihi modal tersebut," ujar Heryawan saat memberikan sambutan politiknya.

Kualitas mumpuni pada Pilgub, kata Heryawan, mutlak diperlukan karena memiliki tanggung jawab moril pada 45 juta jiwa penduduk Jabar. Karena itu, pada Pilgub Jabar nanti tidak akan ada kandidat yang akan mau bermain politik uang karena jumlah pemilihnya yang luar biasa. "Kandidat yang mau main money politic, silahkan. Saya yakin nggak akan kuat karena pemilihnya cukup banyak," tuturnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan hingga kini Pilkada Jawa Barat merupakan yang terbaik di era demokrasi Indonesia. Menurut dia, provinsi yang memiliki penduduk terbanyak di negara ini sudah memiliki pengalaman dengan segala kesuksesan menggelar sejumlah pemilihan umum mulai dari pemilihan umum presiden, pemilihan umum legislatif dan pemilihan umu kepala daerah.

"Karena itu, mari pertahankan suasana yang kondusif, aman, tertib, dan nyaman di Jawa Barat sehingga pesta demokrasi dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan semua, yakni menghasilkan gubernur dan wakil gubernur yang berkualitas," tegas Ferry. FER/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger