' Warga Kesulitan Dapatkan Air Bersih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Warga Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Warga Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

KAB. CIREBON (LJ) – Warga Kabupaten Cirebon khususnya yang berada di Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung terpaksa harus mengambil air bersih untuk kebutuhan rumah tangganya ke desa lain. Pasalnya, sumur yang dimiliki mereka sudah mengalmi kekeringan, begitu juga dengan kondisi sungai di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa yang keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk MCK (mandi cuci dan kakus) sudah mulai kering.

Seperti dikatakan Karmin (47), warga Desa Kadawung, untuk mendapatkan air bersih dirinya mengambil ke Desa Sutawinangun yang jarak tempuhnya mencapai 25 kilometer. "Ya, walaupun jaraknya jauh terpaksa kami lakukan," keluhnya kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Menurut dia, mulai pagi hari sebanyak empat jerigen dibawanya untuk mendapatkan air bersih dengan menggunakan sepeda motor ke desa tetangganya tersebut. Ia mengaku, hal itu sudah terjadi sejak dua minggu lalu atau persisnya ketika aliran sungai di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa kekeringan.

 "Empat jerigen air yang didapat di desa itu, hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan satu hari. Sebab, selain digunakan sebagai keperluan MCK, air bersih itupun kami pakai untuk minum," paparnya.

Hal senada juga dikatakan Sutinah (42), warga Desa Kadawung lainnya. Ibu rumah tangga itupun mengeluhkan kondisi wilayahnya yang sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih. "Sebelum sungai yang berada dijalan itu kering, kami selalu memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah tangga. Tapi sekarang kondisinya kering, kami harus mendapatkan pasokan air bersih dengan mengambil ke desa lain," jelasnya.

Itupun lanjutnya, agar mendapatkan air bersih warga harus antri. Kenapa, karena tak hanya warga Kadawung saja yang mengambil air ke Desa Sutawinangun, tetapi warga desa lain yang kondisinya sudah kesulitan airpun mulai berdatangan. "Kami minta perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon untuk membantu kesulitan air bersih ini," tukasnya.

Dari pantauan dilokasi sungai di Jl. Sultan Ageng Turtayasa, kondisi sungai yang berasal dari Desa Cirebongirang, Kecamatan Talun itu sudah tidak lagi terdapat air, sehingga tak terlihat aktivitas warga dilokasi tersebut. Padahal dua pekan terakhir, sungai itu banyak dimanfaatkan warga untuk kebutuhan mencuci maupun kakus. GYO/PIP (C.12)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger