' Wapres Sampaikan Orasi Ilmiah di IPB - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Wapres Sampaikan Orasi Ilmiah di IPB

Wapres Sampaikan Orasi Ilmiah di IPB

Written By dodi on Wednesday, September 26, 2012 | 7:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Boediono menyampaikan Orasi ilmiah sidang terbuka dalam rangka Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke 49, di Gedung Graha Widya Wisuda IPB, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Selasa (25/9). Orasi ilmiah Boediono ini bertemakan "Transformasi Struktural Sektor Pertanian" untuk Memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

Dihadapan para mahasiswa IPB, Wapres menjelaskan transformasi pertanian ini merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia untuk mendongkrak pendapatan petani. "Tanpa transformasi pertanian yang berhasil, ketahanan pangan akan menciptakan ketergantungan terhadap subsidi negara. Oleh karena itu, dengan transformasi pertanian ini diharapkan akan adanya peningkatan produktivitas sehingga akan menambah suplai pangan sekaligus meningkatkan pendapatan para petani," jelas Wapres.

Wapres menambahkan, transformasi pertanian ini juga dapat menciptakan ketahanan pangan nasional. "Tambahan nilai produktivitas ini akan menciptakan tambahan suplai pangan, tambahan pendapatan bagi para pelaku sehingga ketahanan pangan nasional pun akan semakin kuat," tambahnya.

Boediono menyatakan kunci dari peningkatan produktivitas pertanian ini melalui modernisasi teknologi, infrastruktur, dan institusi. "Teknologi, infrastruktur, serta perbaikan sistem institusi pemasaran dari petani ke konsumen merupakan hal yang penting untuk mendukung transformasi pertanian ini," ujarnya.

Wapres juga menyampaikan rasa bangganya kepada IPB yang selalu berkontribusi demi pembangunan nasional. "Saya salut atas inovasi-inovasi IPB dalam melakukan berbagai macam terobosan untuk pembangunan di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto mengungkapkan orasi ilmiah Wapres ini sangat penting bagi ketahanan pangan nasional. "Selama ini IPB selalu berinovasi bagi ketahanan pangan nasional karena kami menyadari krisis pangan sangat mengancam di Indonesia, oleh karena itu orasi ini sangat penting sebagai arahan bagi sektor pertanian di Indonesia, terutama untuk memperkuat ketahanan pangan nasional," ungkap Rektor IPB.

Herry juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan kepada IPB dalam menyelenggarakan pendidikan. "Kami sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah selama ini, sehingga hingga saat ini kami dapat terus memberikan pendidikan yang terbaik untuk mencerdaskan bangsa," tandasnya.

Dalam acara sidang terbuka ini, IPB juga memberikan penghargaan kepada para dosen atas prestasinya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Selain dihadiri oleh civitas akademika IPB, sidang terbuka ini juga turut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY), serta Camat Dramaga Arom Rusmandar. BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger