' Walikota Bandung Mangkir Lagi dari Sidang Bansos - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Walikota Bandung Mangkir Lagi dari Sidang Bansos

Walikota Bandung Mangkir Lagi dari Sidang Bansos

Written By dodi on Wednesday, September 5, 2012 | 8:00 AM


BANDUNG - Ketidakhadiran Walikota Bandung Dada Rosada untuk menjadi saksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Bandung akhirnya membuat jaksa penuntut umum (JPU) dengan terpaksa membacakan berkas acara pemeriksaan (BAP). Sebab majelis hakim tak memberi kesempatan JPU untuk kembali memanggil Dada pada sidang mendatang. Sesuai dengan kesepakatan dalam sidang sebelumnya, majelis hakim meminta JPU untuk membacakan BAP Dada di muka persidangan yang digelar di ruang I Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LRE Martadinata, Selasa (4/9).

"Ini kan waktunya sudah mepet. Bacakan saca BAP-nya, karena saksi juga kan sudah disumpah saat melakukan BAP," ujar ketua majelis hakim Setiabudi Tejocahyono. Ia pun kemudian meminta persetujuan dari tim penasehat hukum dan tim JPU. Setelah berunding, JPU pun akhirnya membacakan BAP milik orang nomor satu di Bandung itu.

Dalam isi BAP-nya, Dada menyebutkan bahwa yang berhak menerima dana bansos adalah anggota atau kelompok masyarakat sesuai dengan perwal Nomor 107 Tahun 2010. Pelaksanaan pengelolan dana bansos dilakukan oleh kuasa pengguna anggaran, bendahara dan para pejabat pengelola keuangan. "Selama ini jika saksi menerima permohonan dari masyarakat saksi mendisposisi ke ajudan untuk proses sesuai prosedur," ujar JPU Apriliani Purba saat membacakan BAP Dada.

Tujuan penyaluran bansos adalah untuk peningkatan kesejahteraan penerima dan seyogyanya penerima melaporkan hasil penerimaannya pada pengguna anggaran. "Saksi punya kewenangan untuk melakukan pengawasan. Namun tidak punya kewenangan untuk meneliti administrasi. Jumlah keseluruhan dana bansos yang sudah direalisasikan tahun 2009 yaitu Rp 77 miliar dan 2010 sebesar Rp 79 miliar.

Terkait dengan adanya pengembalian uang dari para terdakwa, Dada menyatakan tidak tahu dari mana asal uang tersebut. Namun ia menyebutkan bahwa uang tersebut dikembalikan untuk pengembalian kerugian negara. Atas keterangan Dada berdasarkan BAP tersebut, para terdakwa yaitu Rohman, Firman Himawan, Yanos Septadi, Lutfan Barkah, Uus Ruslan, Havid Kurnia dan Ahmad Mulyana menyatakan menerima semua yang disampaikan.

Diketahui, sama dengan alasan pada panggilan Selasa (28/8) pekan lalu, kali ini Dada mangkir dari persidangan karena harus menjalani kegiatan di luar kota. Hal itu diungkapkan JPU saat diminta majelis hakim untuk mengadirkan Dada sebagai saksi pada sidang. "Hari ini kami telah memanggil 4 saksi. Namun untuk saksi Dada Rosada berdasarkan surat izin yang kami terima. Beliau hari ini melaksanakan tugas dinas di Jakarta," ujar koordinator tim JPU Apriliani Purba.

Berbeda dengan Dada, Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda terlihat hadir di sidang. Ayi hadir sebelum terdakwa hadir semua.
Ayi yang mengenakan kemeja putih bergaris langsung masuk ruang sidang. Ia yang didampingi salah satu ajudannya duduk di barisan pertama kursi pengunjung. Sesekali ia mengobrol dengan pengunjung sidang lainnya. Dan setelah sidang dimulai, Ayi pun memberikan kesaksiannya.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger