' Tugu Selatan Turut Atasi Sampah Puncak - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tugu Selatan Turut Atasi Sampah Puncak

Tugu Selatan Turut Atasi Sampah Puncak

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 3:00 PM

KAB. BOGOR (LJ) - Tingginya volume sampah di kawasan puncak, Kecamatan Cisarua yang terkadang tidak mampu ditangani pihak UPT Kebersihan dan Sanitasi wilayah Ciawi, menggugah pemerintahan Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua untuk mewujudkan program pengelolaan sampah secara mandiri.

Program tersebut untuk mengatasi berbagai jenis sampah yang dibuang masyarakat diberbagai lokasi, terutama limbah sampah plastik dari tempat-tempat wisata, hotel, restoran dan lokasi lainnya.

"Kami telah mempersiapkan lahan untuk pengolahan sampah secara mandiri, hanya tinggal mempersiapkan alat pengolahan sampahnya saja. Dalam pelaksanaannya nanti, kami akan bekerjasama dengan DKP Kabupaten Bogor. Dan yang mengelola serta menjalankan program tersebut, semua  masyarakat Desa Tugu Selatan,” kata Kades Tugu Selatan Rasli.

Rusli memaklumi, dinas terkait masih memiliki keterbatasan dalam menanggulangi persoalan sampah di kawasan Puncak, baik jumlah armada maupun personil. Karenanya, pemdes beserta organisasi masyarakat ingin mengelola sampah secara mandiri, agar kawasan Puncak terbebas dari sampah. 

“Saat ini sudah dilakukan pengangkutan sampah oleh pemdes tugu selatan yang dibiayai dari hasil swadaya masyarakat. Pengangkutan menggunakan truk dan kemudian dilimpahkan ke TPS yang kemudian akan diangkut oleh pihak dinas kebersihan," jelasnya.

Lanjut dia, pengolahan sampah yang akan segera diwujudkan akan  berdampak positif bagi masyarakat nantinya. Seperti mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos, dan sampah non organik yang bisa dijual.

"Sehingga ada nilai bagi pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Namun demikian, ia tetap berharap  program yang akan digalakannya mendapat dukungan banyak  pihak, baik  instansi terkait maupun masyarakat. Sebagai langkah awal, ia akan membangun TPS di beberapa titik wilayah. (ASP)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger