' Tradisi Walimatussafar Harus Dilestarikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tradisi Walimatussafar Harus Dilestarikan

Tradisi Walimatussafar Harus Dilestarikan

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 2:30 PM

KAB PURWAKARTA (LJ) – Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH mengatakan, walimatusaffar merupakan salah satu tradisi masyarakat yang harus dilestarikan. Sebab dengan adanya kegiatan ini, tali silaturahmi terus terjalin dan tidak terputus antara calon jemaah haji dengan masyarakat.

“Dalam tradisi ini tidak ada perbedaan antara si kaya dan si miskin, karena mereka duduk bersama-sama untuk berucap syukur kepada Allah SWT,” kata bupati saat mengelar syukuran para calon jamaah haji dan acara halal bil halal asal Kecamatan Darangdan yang digelar di pendopo kecamatan.

Menurut dia, tradisi ini sering dilaksanakan oleh masyarakat sebelum berangkat untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Sehingga dengan acara seperti ini, tali silahturahmi akan terus terjalin antara calon jamaah haji dan masyarakat yang duduk secara bersama-sama untuk saling memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT.

Dedi berharap, para calon jemaah haji hendaknya mempersiapkan segala kebutuhan untuk melaksanakan ibadah haji. Terutama menjaga kondisi kesehatan, sebab cuaca di Indonesia berbeda dengan di Arab Saudi. Dengan demikian, para calon jemaah haji harus menjaga kesehatan dan mempersiapkan segala kebutuhan inbadah.

Pada kesempatan tersebut, Dedi juga menyatakan bahwa Pemkab Purwakarta akan focus dalam mengentaskan kemiskinan. Salah satunya, dengan merubah mentalitas masyarakat. Hal itu juga bisa terlihat, bagaimana Pemkab memberikan beberapa perlindungan asuransi bagi masyarakat demi mengurangi beban masyarakat dan dalam mengentaskan kemiskininan.

Bupati minta, program pengentasan kemiskinan yang dilakukan Pemkab Purwakarta dibarengi dengan perubahan cara berpikir masyarakat, terutama dalam merubah mentalitas untuk selalu bekerja keras dan berusaha. "Karena dengan cara seperti itu, ada upaya masyarakat untuk bekerja keras  terutama dalam meningkatkan kesejahteraan," tukasnya. (YAS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger