' Tingkat Pelayanan Jalan di Kab. Bandung Belum Optimal - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tingkat Pelayanan Jalan di Kab. Bandung Belum Optimal

Tingkat Pelayanan Jalan di Kab. Bandung Belum Optimal

Written By Prast on Thursday, September 6, 2012 | 11:28 PM

Tol Padaleunyi
KAB. BANDUNG (LJ) - Kapasitas jalan di kabupaten Bandung ditenggarai belum optimal menampung beban frekwensi arus lalulintas kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat maupun lebih. Hal ini mengingat mobilitas perekonomian di wilayah tersebut semakin menggeliat dan pembangunan terus berjalan.

"Tidak heran bila setiap hari kita sering disuguhkan kemacetan arus lalulintas, baik yang terjadi pada jalan-jalan protokol, propinsi dan wilayah,"
kata Mulyana Abdul Manan, Ketua Lembaga Kajian Tata Ruang Indonesia, ketika ditemui LINGKAR JABAR dikantornya, Jalan Gempol Bandung, Rabu, (5/09).

Jadi lanjut Mulyana merupakan kewajaran bila masyarakat menuntut adanya pengawasan dan pengendalian di jalan. Sebab jalan merupakan sarana transportasi vital bagi masyarakat di dalam laju perkembangan perekonomian masyarakat. Bila kemudian jalan tidak sesuai dengan harapan masyarakat dan tidak membuat nyaman, maka jalan itu selayaknya segera dibenahi kembali.

Bukan dibiarkan rusak sehingga mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, perlu juga dipertanyakan kepada instansi terkait perihal peninggian jembatan/jalam di atas aliran sungai, sementara letak jalan dan rumah penduduk terlihat sejajar. Dampak apa yang akan ditimbulkan dengan pembangunan jalan tersebut.
   
“Dalam hal ini perlu adanya pemikiran konsultan yang bisa memberikan penjabaran perencanaan detail mengenai manfaat pembangunan jalan sesuai dengan fungsinya. Dan bukan asal jadi yang mengakibatkan ketahanan pembangunan jalan tidak lama disebabkan pembangunan yang kurang mendetail di dalam perencanannya. Kenyataan ini memang sudah bukan lagi fenomena, melainkan menjadi paradigma ketidakstabilan pembangunan,”
jelasnya.

Dia juga memaparkan tentang pengertian kapasitas jalan, menurut persepsinya bahwa kapasitas jalan tersebut adalah kemampuan ruas jalan untuk menampung arus atau volume lalu lintas yang ideal dalam satuan waktu tertentu, dinyatakan dalam jumlah kendaraan yang melewati potongan jalan tertentu dalam satu jam (kend/jam), atau dengan mempertimbangan berbagai jenis kendaraan yang melalui suatu jalan digunakan satuan mobil penumpang sebagai satuan kendaraan dalam perhitungan kapasitas maka kapasitas menggunakan satuan satuan mobil penumpang per jam atau (smp)/jam. (Gus).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger