' Tari Topeng Losari Bakal Tampil di 3 Kota Besar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tari Topeng Losari Bakal Tampil di 3 Kota Besar

Tari Topeng Losari Bakal Tampil di 3 Kota Besar

Written By dodi on Thursday, September 27, 2012 | 7:00 AM

KAB CIREBON (LJ)- Sanggar Purwa Kencana Topeng Losari yang beralamat di jalan Batu, Desa Astana Langgar Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu sanggar tari yang didirikan untuk menjaga seni keemasan masa lalu. Pasalnya, keberadaannya begitu berharga sebagai warisan khasanah budaya nusantara yang tiada tara.
“Seni tari topeng Losari mempunyai ciri khas tersendiri yang tak dimiliki seni topeng lain yang ada di Cirebon. Penari melakukan pada gelayong atau kayang gerakan yang meliukan badan ke belekang, juga gantung sikil gerakan menahan atau menggantung kaki lebih dari 10 menit dan juga gerakan pasang naga seser yaitu gerakan kuda-kuda yang kebanyakan seni topeng lain lebih menggunakan gaya menutup kaki,” kata Nurnani kepada “LJ” usai berlatih tari untuk persiapan roadshow di tiga kota besar, kemarin di sanggar tarinya.
Selain dari gerakannya, jelas Nurnani, hal yang membedakan lainnya adalah pada kostum. Para penari topeng Losari selalu menggunakan kostum yang menyerupai jubah dan menggunakan kain liris atau parang.
“Hal lain yang membedakan Tari topeng Purwa Kencana Babakan Losari adalah jenis tari yang dilakukannya lebih menekankan ketokohan dari pada unsur filosofisnya. Jadi, kita berbeda dengan sanggar lainnya sehingga menjadikan tari topeng Losari dianggap lebih unik dan lebih tua,” ungkap Nurnani.
Nurnani adalah Dalang topeng keturunan ke delapan semenjak pertama kali diciptakan oleh dalang Karta, Dalang Kartas, Dalang Kenten, Dalang Duman, Dalang Darim, Dalang Sumitra, Dalang Dewi, Dalang Sawitri, kenudian diturunkan kepada Dalang Nurnani sampai saat ini.
Dari sejarah, keunikan dan usia itulah sehingga pada even tahun 2012 ini topeng Losari terpilih untuk berkeliling mementaskan seni tari topeng Cirebon ketiga kota besar di Indonesia.
"Kami sangat gembira karena bisa tampil di tiga kota besar. Nama Kabupaten Cirebon tentu terangkat dengan terpilihnya kami," kata Nuranani.
Nuranani akan menampilkan tiga sinopsis karyanya. 
“Ketiganya ini terdiri dari tari Pamindo (Panji Sutrawinangun), Tari Bodoran versi Babakan Losari, serta tari Kelana Bandopati," ucap wanita yang pernah keliling Eropa, Asia, dan Amerika dalam memerankan sebagai Dalang penari topeng losari ini.
Pementasan topeng Losari akan dimulai 1 Oktober 2012 di Kota Yogyakarta. Kemudian 11 Oktober 2012 akan tampil di Taman Budaya Jakarta, dan terakhir akan tampil di STSI Kota Bandung pada tanggal 17 Oktober 2012. * Subagyo (c12)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger