' Tahapan Pemilihan Walikota Sukabumi 2013-2018 Diluncurkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tahapan Pemilihan Walikota Sukabumi 2013-2018 Diluncurkan

Tahapan Pemilihan Walikota Sukabumi 2013-2018 Diluncurkan

Written By dodi on Friday, September 28, 2012 | 7:00 AM


SUKABUMI - Pesta Demokrasi warga Kota Sukabumi untuk memilih Calon Walikota dan Wakil Walikotanya sudah dimulai prosesnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menggelar peluncuran Pemilihan Walikota--Pilwakot--Sukabumi periode 2013-2018 di Gedung Juang Jalan Veteran, Kota Sukabumi, Kamis (27/9). Peluncuran untuk menyambut pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini diwarnai hiburan bernuansa tradisional Sunda.

Hadir pada kesempatan ini Wakil Walikota Sukabumi Mulyono, Perwakilan KPU Jawa Barat Ferdiman, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Ending Muhidin, Ketua Partai Politik (Parpol) dan undangan lainnya. ''Launching tahapan Pemilukada 2013 ini akan sekaligus penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4),'' kata Ketua KPU Kota Sukabumi Anton Rachman dalam sambutannya yang menggunakan bahasa Sunda.

Jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan divalidasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "DP4 yang kami terima ini akan segera diverifikasi kembali oleh tim. Data kemungkinan yang kami terima ini akan bertambah atau berkurang," kata Anton Rachman.

Anton memprediksi hasil verifikasi yang akan dilakukan ada kemungkinan berkurang sekira 5% dari jumlah DP4 yang diterima. "Berkurangnya ini diantaranya bisa karena data ganda, meninggal dunia dan pindah tempat tinggal," ujarnya. Jumlah DP4 yang diterima KPU dari Pemkot Sukabumi sebanyak 255.584 jiwa.

Sementara Wakil Walikota Sukabumi Mulyono mengatakan, suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) tergantung pada tingkat partisipasi masyarakat. "Tolok ukur kesuksesan Pemilu diantaranya partisipasi masyarakat," kata Mulyono saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran tahapan Pilwakot Sukabumi.

Pada kesempatan itu Mulyono yang dikabarkan akan maju ke Pilwakot menuturkan, Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat. Dan banyak manfaat yang akan dirasakan. "Manfaat akan dirasakan oleh para pemimpin politik dan bagi rakyat sebagai sarana dalam proses politik," ujarnya.

Pilwakot Cirebon

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menyerahkan Daftar Pemilih Potensial Pemilu (DP4) kepada KPU Kota Cirebon di Aula Balai Kota Cirebon, kemarim siang. Sebelumnya, KPU Kota Cirebon telah melengkapi kru penyelengara pemilu hingga tingkat kelurahan. Ketua KPU Kota Cirebon Didi Nurshidi menuturkan, pada Pemilu sebelumnya, jumlah DP4 di Kota Cirebon sekitar 246 ribu orang.

Namun pada pelaksanaan Pemilu 2013, besar kemungkinan akan berkurang dan bertambah. Pihaknya pun akan melakukan pemutakhiran data penduduk berbasis TPS. "Dalam waktu sebulan ini, kami akan lakukan pemutakhiran data pemilih. Jika pemilihan menggunakan kartu keluarga RW dan RT, akan kami ubah menggunakan metode data penduduk berbasis pemetaan TPS," tegasnya.

DP4 yang diserahkan Pemkot Cirebon pada KPU Kota Cirebon dipastikan akan mengalami perubahan. Baik pengurangan atau penanambahan. Didi Nurshidi menegaskan, data DP4 yang diserahkan pemkot Cirebon adalah hasil dari Pemilu 2008 lalu. "Fluktuasi jumlah akan berubah-ubah tergantung lampip (Lahir, Mati, Datang, Pergi)," tegas Didi.

Ia menambahkan, kecenderungan pemilih di Kota Cirebon selalu bertambah akibat munculnya pemilih baru yang berasal dari pemilih pemula dan pendatang yang memiliki kartu penduduk Kota Cirebon. "Terlepas berkurang atau bertambah, Pemilu tahun mendatang akan kami targetkan tingkat partisipasi masyarakat mencapai 80%. Sedangkan pada Pemilu 2008 lalu hanya 71%," tukasnya. HEP/PIP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger