' Sindikat Penjual Harimau Sumatera di Bogor Ditangkap - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sindikat Penjual Harimau Sumatera di Bogor Ditangkap

Sindikat Penjual Harimau Sumatera di Bogor Ditangkap

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Tiga orang pelaku yang diduga sebagai tersangka pencurian satwa liar, dibekuk Tim Gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat, didampingi enam orang petugas dari Mapolsek Ciawi, di Kampung Pandansari, Kecamatan Ciawi, Sabtu (1/9) lalu. Ketiga pelaku yang berhasil dibekuk tersebut diantaranya, Bastian (29), Cucu Ali (65), dan Ikhwan (21). Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita dua ekor Harimau Sumatera yang telah diawetkan.

Wakapolsek Ciawi, AKP Ricky Wowor kepada wartawan mengatakan, dalam penangkapan itu, pihaknya hanya bersifat mendampingi tim Gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat.  Dan lokasi penangkapan, diduga sebagai gudang pencurian satwa liar. 

"Kami langsung melakukan penggerebekan setalah menerima laporan dari balai besar, “ ujarnya. Saat ini, kata dia, kedua pelaku diamankan di Mapolsek Ciawi untuk penyidikan lebih lanjut bersama tim gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat, Joko Prihatno menjelaskan, kasus ini terungkap setelah melalui proses penyamaran dan bekerjasama dengan pihak Mapolsek Ciawi.  Pelaku berhasil diringkus sekitar jam 20:30 WIB.  Ketiganya merupakan warga Desa Pandansari, diringkus dikediaman salah seorang pelaku (Bastian-red).

Sedangkan Cucu Hidayat (65) diamankan petugas saat berada dirumahnya yang beralamat di Kampung Kebon Jahe RT 01/03, Kecamatan Cisarua-Bogor. Para pelaku diduga merupakan sindikat penjual hewan satwa liar. "Para pelaku saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif, kami memang tengah gencar memburu pelaku penjualanb satwa liar yang dilindungi. Pengembangan akan dilakukan untuk membongkar sindikat-sindikatnya," jelas Joko.

Dari keterangan pelaku, setiap satu ekor harimau sumatera dibandrol pelaku dengan harga Rp35 Juta.  Menurutnya, setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya akan berkordinasi dengan Balai Besar PSDA Jawa Barat dibantu Korwas PPNS Polres Bogor untuk menitipkan penahanan para tersangka. “Mereka akan ditahan di Mapolres Bogor, dan diancam dengan UU N0.5 Tahun 1990 Ayat 2 dengan ancaman kurungan maksimal 5 tahun penjara serta denda sebesar Rp. 100 Juta,” pungkas Wakapolsek. (ASP)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger