' Semester I, Peserta Jamsostekdi Jawa Barat Capai 200 Ribu Pekerja - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , , » Semester I, Peserta Jamsostekdi Jawa Barat Capai 200 Ribu Pekerja

Semester I, Peserta Jamsostekdi Jawa Barat Capai 200 Ribu Pekerja

Written By Prast on Wednesday, September 5, 2012 | 5:33 PM

BANDUNG (LJ) - Hingga Semester I Tahun 2012, sebanyak 200.502 pekerja informal atau tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di luar hubungan kerja (TK-LHK) di Jawa Barat telah menjadi peserta Jamsostek. Dari jumlah itu, pada TK perseorangan sebanyak 1.267 peserta, TK mandiri 12.349 peserta dan TK jasa konstruksi 186.886 peserta.

“Hingga pertengahan tahun, jumlah pekerja informasl yang terdaftar jamsostek lebih dari 200 ribu pekerja,” ujar Kepala Bagian Pengendalian Program Khusus PT Jamsostek Kanwil Jabar-Banten A Hafiz Alhady kepada wartawan, belum lama ini. Dia menjelaskan TK Perseorangan merupakan peserta berprofesi namun belum memiliki badan hukum antara lain dokter, suster, pengacara.

Sedangkan TK mandiri adahal individu pekerja informal yang berusaha secara mandiri dan tidak memiliki badan hukum. Sementara itu, lanjutnya, TK jasa konstruksi merupakan peserta pekerja informal yang sebagai tenaga kerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu. Pekerja ini bergerak pada sektor jasa konstruksi sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor: KEP-196/MEN/1999 Tanggal 29 September 1999.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir terdapat sekitar 10,3 juta orang pekerja informal di Jabar. Jumlah itu, 56,5% dari total penduduk bekerja sebanyak 18.169.652 orang. Jumlah pekerja informal lebih tinggi dibandingkan jumlah pekerja sektor formal yang hanya 7,9 juta orang. Jumlah pekerja formal mengalami penyusutan sebesar 1.287.968 orang atau sekitar 11%.

Selain itu, BPS juga mengidentifikasi tenaga kerja informal dan formal berdasarkan status pekerjaan. Pekerja formal mencakup kategori berusaha dengan dibantu buruh tetap dan buruh/karyawan. Sedangkan pekerja informal mencakup berusaha sendiri, berusaha dibantu buruh tidak tetap, pekerja bebas di pertanian, pekerja bebas di non pertanian, dan pekerja keluarga. (FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger