' Sekber wartawan Bogor Rapatkan Barisan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Sekber wartawan Bogor Rapatkan Barisan

Sekber wartawan Bogor Rapatkan Barisan

Written By dodi on Friday, September 21, 2012 | 7:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Sedikitnya 77 wartawan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Bogor Lintas Media Harian Cetak dan Elektronik, merapatkan barisannya dengan menggelar rapat pleno di Hotel Taman Cibinong II, Kamis (20/9) kemarin

Dalam rapat itu, para anggota Sekber bersama Dewan Presidium sepakat menyusun program kerja aktivitas Sekber ke depan. Terutama berkaitan dengan peranan pemerintahan terhadap pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan wilayah Bogor

"Sekber tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip idealisme jurnalis dan tidak berpihak pada siapapun dalam posisi netralitas. Untuk itu Sekber membulatkan tekad menjunjung tinggi aktivitasnya profesionalisme sistem jurnalistik," kata Danang Donoroso, ketua Dewan Presidium Sekber kepada wartawan didalam rapat itu.

Sejumlah keputusan kegiatan Sekber dalam menyongsong Pilkada 2013 mendatang juga dirumuskan. Sekber bertekad menyukseskan pelaksanaan hajatan politik daerah di Bogor itu. Tentunya dengan menjunjung sikap netralitas dan mengacu pada standarisasi kontrol sosial kejurnalistikan.

"Sekber juga memiliki tugas untuk mensosialisasikan aktivitas wartawan profesional yang berbasis pada kinerja serta tetap menjunjung tinggi peranan dan peran UU Pers Nomor 40 tahun 1999. Termasuk di dalamnya kode etik jurnalistik Indonesia," ujarnya.

Setiap anggota Sekber selain memiliki kompetensi kewartawanan, juga memiliki etika moral yang tinggi. Sehingga baik pemerintah dan masyarakat dapat merasakan kiprah Sekber terkait dengan penyerapan aspirasi dan sosialisasi aspirasi. Baik dari dan lewat pemerintah atau masyarakat. "Manfaat dari aplikasi program kinerja wartawan Sekber sebagai insan Pers yang profesional, berwawasan dan beretika," tandasnya.

Rapat yang digelar itu memutuskan pergantian Sekjen dari Herry Setiawan, wartawan harian Jurnal Bogor kepada Piyarso Hadi, Pimpinan Umum Harian Lingkar Jabar yang sebelumnya menjabat sebagai Dewan Presidium dan kini posisinya digantikan Herry Setiawan. "Pergantian Sekjen ini tidak ada kaitannya soal posisi jabatan didalam Sekber, melainkan murni untuk memperlancar dan memperkuat kinerja Sekber dalam melaksanakan program-program kegiatan," kata Kepala Biro Jawa Barat Harian Pelita tersebut.

Dinamika forum rapat berlangsung aktif, demokratis dan terbuka. Setiap anggota memiliki hak dalam memberikan usulan ide, saran, pendapat terhadap Sekber. Coki Pasaribu Pemimpin Redaksi Harian Lingkar Jabar berharap agar Sekber, selain memeiliki peran dalam mendorong pembangunan di wilayah Bogor, juga mampu menyejahterakan anggotanya."Itu sesuai dengan visi misi Sekber," tegasnya.

Ariehta Surbakti wartawan Harian Tempo mengusulkan agar Sekber memiliki program diskusi rutin dengan menghadirkan berbagai nara sumber, terutama dari instansi atau lembaga baik pemerintah maupun swasta dengan topik yang terkait dengan pembangunan wilayah Bogor ke depan. "Dengan begitu Sekber memberi kontribusi kepada masyarakat Bogor," katanya. ALI/DED
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger