' Rumah Sakit Swasta di Tanah Air Harus Tingkatkan Mutu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Rumah Sakit Swasta di Tanah Air Harus Tingkatkan Mutu

Rumah Sakit Swasta di Tanah Air Harus Tingkatkan Mutu

Written By dodi on Friday, September 14, 2012 | 10:00 PM

BOGOR - Menteri Kesehatan (Menkes) RI dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH, dengan tegas meminta kepada seluruh pengelola rumah sakit (RS) swasta di Indonesia untuk terus meningkatkan mutu pelayananya. Hal itu bertujuan untuk mencegah masyarakat, khususnya kalangan menengah ke atas, tidak perlu berobat di luar negeri seperti yang marak akhir-akhir ini.

"Sekitar 50% masyarakat Indonesia berobat ke Singapura. Sebanyak 200 ribu orang tiap tahun berobat ke Malaysia. Mengapa kita tidak bisa memberikan layanan kesehatan yang lebih baik, sehingga bisa menarik masyarakat kita berobat di sini," kata Menkes dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Karenanya, Menkes meminta rumah sakit meningkatkan mutu pelayanan medik secara optimal dan meningkatkan kepuasan kepada pasien. Peningkatan mutu juga harus disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat yang tentunya sesuai dengan standar profesi dan standar kesehatan internasional.

"Saya berharap sekali rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan yang baik, juga pelopor pembaharuan di bidang kesehatan sehingga dapat menarik masyarakat Indonesia yang berobat di luar negeri. Apalagi di rumah sakit ini sebanyak 15 persen pasien yang mendapatkan layanan bayi tabung berasal dari luar negeri," ujarnya.

Menkes mengungkapkan berbagai aspek kendala pelayanan kesehatan. Di antaranya masih banyaknya masyarakat yang berobat ke luar negeri, belum kompetitifnya asuransi, dan adanya anggapan mutu pelayanan belum berstandar internasional. Karenanya, permasalahan tersebut harus segera diatasi agar pelayanan kesehatan di Indonesia berstandar kelas dunia. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Sementara Direktur Pengembangan PT BundaMedik, dr. Ivan R Sini, SpOG, mengaku miris melihat kondisi sebagian besar masyarakat modern tidak memberikan kepercayaan kepada rumah sakit di Indonesia sebagai tujuan berobatnya. WHO mencatat biaya berobat yang dikeluarkan di luar negeri sebesar Rp7 triliun pertahun. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger