' Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kab.Bandung Terancam Puso - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kab.Bandung Terancam Puso

Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kab.Bandung Terancam Puso

Written By dodi on Tuesday, September 4, 2012 | 8:00 AM


KAB.BANDUNG (LJ) -Akibat kemarau panjang yang melanda sejumlah daerah di Indonesia,menyebabkan ribuan hektar tanaman padi yang berada di 20 Kecamatan di kabupaten Bandung terancam puso, bahkan 6 Kecamatan diantaranya sudah mengalami gagal panen,yakni Kecamatan Cicalengka ,Cikancung ,Solokan Jeruk,Baleendah,Ciwidey dan Kecamatan Arjasari.

Menurut, Tisna Umaran, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung melalui Bidang Alsintan dan Poteksi tanaman Abdul Latif, pada LINGKARJABAR, Senin (3/9), membenarkan adanya kasus gagal panen pada 6 kecamatan di Kabupaten Bandung.       

Bahkan menurutnya, akibat musim kemarau yang melanda Kab. Bandung sejak 4 bulan terakhir ini, membuat 9.850 hektare areal sawah kekeringan. Bahkan, 724 hektare dari 6 kecamatan tersebut sudah dinyatakan puso, pasalnya debit air dari Sungai sudah tidak ada.

"Musim kemarau tahun 2012  ini, diperkirakan lebih lama dibanding tahun sebelumnya, namun meski tahun ini produksi terganggu, tapi kami optimis Kabupaten Bandung gak bakalan kekurangan pangan,”  tambahnya.

Optimismenya ini, dilakukan dengan upaya mengantisipasi nya melalui pemberian bantuan  40 pompa penyedot air, benih, pupuk serta bantuan lainnya pada daerah rawan gagal puso.(UDN)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger