' Ratusan Desa di Kabupaten Subang Serentak Gelar Pemilihan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , , » Ratusan Desa di Kabupaten Subang Serentak Gelar Pemilihan

Ratusan Desa di Kabupaten Subang Serentak Gelar Pemilihan

Written By Prast on Thursday, September 6, 2012 | 8:00 AM

KAB SUBANG (LJ) - Ratusan desa yang ada di Kabupaten Subang tahun 2012-2013 mendatang bakal melaksanakan Pilkades (pemilihan kepala desa) secara serentak. Pilkades itu digelar, karena sekitar 166 dari 245 desa di Subang akan habis masa jabatannya mulai bulan September 2012 maupun April 2013.

Menurut Saad Abdul Ghani, Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintah di Pemkab Subang, kesemua desa yang akan mengelar pelaksanaan Pilkades ditahun sekarang sudah mulai mempersiapkan beragam keperluannya. Untuk pelaksanaannya sendiri akan dipusatkan ditiap kecamatan. "Mengantisipasi terjadinya kecurangan saat pemilihan, penyelengaraan Pilkades akan dilaksanakan secara serentak dihari yang sama," ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Dari jumlah desa yang akan mengelar Pilkades ditahun 2012 dan 2013 diantaranya, Kecamatan Purwadadi, Kalijati, Dawuan, Pabuaran, Serangpanjang dan desa yang berada disekitar daerah Pantura (pantai utara). Adapun di Kabupaten Subang yang sudah menggelar ada beberapa desa di bulan lalu, sedangkan sisanya siap melaksanakan pemilihan bulan ini.

Saad mengungkapkan, adanya perhelatan Pilgub (pemilihan gubernur) yang akan berlangsung tahun 2013 nanti, dapat menghambat pelaksanaan Pilkades serentak tersebut. Sehingga lanjutnya, walaupun sebagian kepala desa sudah habis masa jabatannya untuk menggelar Pilkades terpaksa harus ditunda dulu.

"Tapi, tetap saja walau pelaksanaan Pilkades ditunda untuk kepala desa yang masa jabatannya telah habis akan diberhentikan. Nanti akan ada pengantinya, yakni jabatan kepala desa diisi PJS (pejabat sementara)," paparnya.

Saad menjelaskan, apabila diperhelatan Pilgub Jawa Barat yang akan digelar Februari 2013 berlangsung satu putaran, kemungkinan pilkades yang sudah dipersiapkan itu sudah mulai bisa digelar April 2013. "Ya, kalau Pilgub terjadi dua putaran akan diundur dari April menjadi Juli," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Rahmat Effendi, Camat Purwadadi Kabupaten Subang, sebanyak 10 desa yang ada diwilayahnya, pada bulan September 2012 sekitar 9 desa ikut menggelar Pilkades serentak. Sebab, ke 9 desa yang akan melaksanakan Pilkades itu masa jabatan kepala desa sudah habis.

“Agar kondisi Pilkades di wilayah kami terlaksana secara aman, tertib dan demokratis maka Kami akan melibatkan unsur muspika dan aparat keamanan setempat," tukasnya.

Informasi yang dihimpun, Pemkab Subang akan mengelontorkan bantuan kepada tiap desa yang melaksanakan pemilihan sebesar Rp 60-90 juta tergantung kebutuhannya masing-masing. (ALM)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger