' Proyek Caringin Maksimal Peningkatan Jalan Cigombong Ditinggal Kabur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Proyek Caringin Maksimal Peningkatan Jalan Cigombong Ditinggal Kabur

Proyek Caringin Maksimal Peningkatan Jalan Cigombong Ditinggal Kabur

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) – Pemenang tender peningkatan Jalan Benteng Duren Gede, di Desa Tugujaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan luas panjang 1.390 meter dan lebar 3 meter yang menelan anggaran sebesar Rp.640.704.000,- dimenangkan oleh CV Kurnia Kencana, dalam pekerjaannya telah di tinggalkan oleh pemborong tersebut. Pasalnya, perusahaan kontraktor tersebut, belum membayar upah kerja para karyawan yang sudah lama bekerja tentang peningkatan jalan tersebut.

Informasi yang dihimpun LINGKAR JABAR, tender peningkatan jalan tersebut, dengan SPMK Nomor 620/A.040-15.1039/TING-JLN/SPMK/DBMP tertanggal 05 Juli 2012 lalu, tidak lagi melanjutkan pekerjaannya. Bahkan perusahaan kontraktor yang tidak diketahui kantornya, telah membiarkan (menghilang-red) hingga dalam pekerjaanya menjadi terbengkalai.

Bahkan, dalam pekerjaannya tidak akan rampung dalam 120 hari kelender. Pasalnya, sejak beberapa minggu terakhir CV Kurnia Kencana hanya menumpukan matrial dan meninggalkan hutang baik ke para pekerja maupun ke pemilik vila. Bahkan operator alat berat telah mengancam akan menarik peralatannya bila tidak ada kejelasan dari pemenang tender
   
Ditempat terpisah, CV Sinar Persada pemenang tender pembuatan dinding penahan tanah pada ruas Jalan Cisalada–Benteng Kecamatan Cigombong, yang menelan anggaran Rp.943.250.000,- dengan SPMK Nomor 620/G.003-17.100/TPT-JLN/SPJPK/DBMP kedapatan menggunakan pasir sungai yang kualitasnya rendah. Padahal dinding tebing ini sangat vital bagi kelancaran arus kendaraan dimana ruas ini kerap kali terjadi longsor.

Sementara itu, pelaksanaan proyek di wilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di 12 desa, dipastikan berjalan sesuai target. Proyek yang meliputi 13 bidang tersebut, pelaksanaannya sudah mencapai 75 persen. “Hasil monitoring kami di lapangan, pelaksanaan proyek telah mencapai sekitar 75 persen dan dipastikan berjalan sesuai target,“ kata Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Caringin, Udung Saidun, Kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Dijelaskannya, total anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, untuk Kecamatan Caringin, mencapai RP.44,9 miliar dan dibantu dari dana APBD sebesar 16 miliar. “Dari 12 desa, tahun ini yang menerima bantuan proyek dengan anggaran terbesar yakni Desa Pancawati yang menelan anggaran hampir mencapai enam miliar,“ jelasnya.

Hingga koran ini diturunkan, banyak kalangan menyayangkan kurangnya pengawasan dari PU Bina Marga Kabupaten Bogor, sehingga anggaran pemerintah yang seharusnya dapat digunakan untuk kegiatan lain dapat dipastikan dicurahkan pada kegiatan tersebut. Untuk itu, perlu ketegasan Pemkab Bogor dan juga aparat penegak hukum sehingga kucuran dana dapat terealisasi dengan benar. WHD/ASP



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger