' Penertiban PKL Ciawi BBRP dan Satpol PP Nyaris Bentrok - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Penertiban PKL Ciawi BBRP dan Satpol PP Nyaris Bentrok

Penertiban PKL Ciawi BBRP dan Satpol PP Nyaris Bentrok

Written By dodi on Thursday, September 27, 2012 | 7:00 AM


KAB.BOGOR (LJ) - Bentrokan antara Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-pol.PP) dengan anggota ormas Benteng Bogor Raya Padjajaran (BBRP), nyaris terjadi saat lima pleton petugas penegak perda yang hendak menertibkan lapak pedagang kaki lima (PKL) di depan RSUD Ciawi, Rabu (26/9).

Informasi yang dihimpun dilokasi, saat truk Sat-Pol.PP Kabupaten Bogor tiba di lokasi, ratusan anggota BBRP yang sudah mengetahui rencana itu, langsung menghadang kedatangan petugas. Tak mau ambil resiko, mereka memilih menghindar dari amukan anggota ormas. Selang beberapa waktu kemudian, sejumlah perwakilan kedua belah pihak sepakat melakukan mediasi di kantor Kecamatan Ciawi. Pada pertemuan itu, kedua belah pihak saling serang argumen dengan intonasi tinggi.

Pihak BBRP meminta, Satpol PP tidak tebang pilih dalam menertibkan PKL. "Penertiban itu jangan dilakukan sesuai pesanan, tapi tegakkan sesuai aturan," kata Ahmad Faiz Ketua DPC BBRP Kota Bogor kepada wartawan.

Menurut dia, seharusnya pemerintah membina para PKL dengan cara menyediakan lahan untuk relokasi. Namun pada kenyataannya, PKL selalu menjadi korban arogansi Sat-pol.PP dengan dalih penegakan perda. "Mereka hanya mencari sesuap nasi untuk bisa bertahan hidup. Kalau mau ditertibkan yah semuanya dimulai dari minimarket, motel hingga hotel dan Vila-vila yang sudah jelas melanggar aturan," Sesalnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengendali Operasi (Kabid-Dalop) Satpol-PP Kabupaten Bogor Nangrang mengatakan, keberadaan para PKL sudah jelas mengganggu ketertiban umum karena menggunakan trotoar dan bahu jalan untuk berjualan. "Kami hanya selaku eksekutor,bilamana ada aksi keberatan silahkan disampaikan kepada dinas terkait,” ungkapnya.

Dia menambahkan, terkait relokasi lahan bagi para PKL saat ini memang sedang dalam pengkajian pemerintah daerah, namun menurutnya, itu bukan merupakan ranah sat-pol.PP. "Surat perintah kami hari ini (kemarin-red) menertibkan PKL disekitar Wilayah Ciawi, maka akan kami laksanakan. Bilamana ada pihak yang menghalangi tugas kami itu, berarti melanggar hukum,” tuturnya.

Setelah sekitar 20 menit lamanya, pertemuan yang disaksikan unsur Muspika serta Tripika itupun akhirnya mencair, setelah pihak kepolisian memberikan intruksi untuk melanjutkan pembongkaran. Petugas akhirnya membongkar sejumlah kios yang masih berdiri di lokasi serta sejumlah kios yang berada di tepi jalan tol Ciawi dengan pengawalan ketat polisi yang bersenjatakan lengkap. ASP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger