' Pemkab Purwakarta Terapkan Pelayanan Berbasis IT - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemkab Purwakarta Terapkan Pelayanan Berbasis IT

Pemkab Purwakarta Terapkan Pelayanan Berbasis IT

Written By dodi on Friday, September 28, 2012 | 7:00 AM

KAB PURWAKARTA (LJ)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bakal menerapkan pelayanan yang berorientasi berbasis IT (information technology). Diterapkannya sistem IT di lingkungan Pemkab itu, karena semakin berkembangnya teknologi saat ini dinilai dapat memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

 “Kedepan, setiap pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini semakin berkembang cepat,” tegas Dadan Koswara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas SDM Pengelola TIK 2012, bertempat di aula Janaka Setda Purwakarta, kemarin.

Sekda mengatakan, sebenarnya Pemkab Purwakarta telah mengembangkan pelayanan berbasiskan IT tersebut, yakni melalui sms centre. Sehingga, memudahkan semua pihak dalam menerima pengaduan pelayanan dari masyarakat. Kedepannya, lanjut Dadan, pelayanan ini akan lebih dikembangkan dan ditingkatkan demi kelancaran pelayanan kepada masyarakat.

SMS centre yang ada saat ini, kata dia, dapat memudahkan pemerintah daerah dalam menerima keluhan dari masyarakat. Begitu pula masyarakat, bisa secara langsung mengadukan keluhan atau permasalahnya melalui SMS centre berkaitan dengan pelayanan publik kepada pemerintah.

 "Dengan begitu, fasilitas IT bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, untuk lebih mempermudah akses teknologi, sambung Dadan, pemkab telah melakukan kerjasama dengan pihak Telkom melalui penandatanganan MoU fasilitas Hots Pots di enam titik strategis di Purwakarta. Diantaranya, di gedung kembar Nakula – Sadewa, Alun-alun Kiansantang termasuk pula di areal kantor pemerintahan sendiri.

 "Diharapkan pengunaan sistem IT di pemerintahan ini semakin berkambang," paparnya.

Sementara, Manager Regional III Telkom Jawa Barat, Bambang mengatakan, adanya kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan kebutuhan masyarakat akan jaringan internet sesuai target Telkom. Dimana, rencananya akan memasangan jaringan Wifi dibeberapa titik yang ada di Kabupaten/Kota di Jawa Barat, serta kota lainnya di Indonesia.

HR Waluo Sukarsono CES.DEA Kabag KAHARTI Pemkab Purwakarta menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan IT di lingkungan Pemkab Purwakarta. Juga meningkatkan kemampuan pegawai dibidang IT dan meningkatkan kembali jaringan berbasis IT untuk memudahkan pelayanan.YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger