' Pemilihan Bupati Sumedang Awal Oktober, KPU Mulai Terima Dokumen Cabup Perseorangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemilihan Bupati Sumedang Awal Oktober, KPU Mulai Terima Dokumen Cabup Perseorangan

Pemilihan Bupati Sumedang Awal Oktober, KPU Mulai Terima Dokumen Cabup Perseorangan

Written By dodi on Wednesday, September 19, 2012 | 8:00 AM


SUMEDANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang menyatakan pada 1 Oktober 2012, sudah mulai menerima penyerahan dokumen dukungan calon bupati (Cabup) dari jalur perseorangan. Penyerahan ini dilakukan selama lima hari sampai 5 Oktober 2012. Sebelumnya, KPU akan mengumumkan terlebih dahulu melalui berbagai media massa tentang kegiatan atau tahapan ini agar diketahui publik terutama bagi yang berminat mencalonkan diri menjadi bupati dan wakil bupati dari perseorangan.

Dokumen dukungan ini dibuat dalam bentuk hard copy dan soft copy. “Dokumen dukungan calon perseorangan itu dilakukan mulai tanggal 1 sampai dengan 5 Oktober 2012,” kata Rika Kusdinar, Anggota KPU Sumedang Divisi Teknis Pencalonan, Selasa (18/9). Menurut Rika, selama masa penyerahan tersebut, KPU akan melakukan pemeriksaan administrasi secara komputerisasi terhadap jumlah dan sebaran dukungan calon.

Jika ada kekurangan, KPU akan memberi kesempatan kepada calon untuk memperbaikinya. Setelah itu, lanjut Rika, berkas dukungan tersebut akan diberikan kepada PPS oleh KPU dan calon untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kelengkapan dan kecocokan administrasi. “PPS akan melakukan verifikasi administrasi dengan mencocokan dukungan yang berbentuk software dengan dukungan yang berbentuk hard copy,” kata Rika.

Setelah selesai diperiksa administrasi, dilanjutkan dengan pemeriksaan factual yaitu mendatangi nama yang terdaftar dalam dukungan untuk mengecek kebenaran dukungannya. Jika dokumen dukungan ini sudah lengkap dan dinyatakan memenuhi syarat dari jumlah dukungan, maka calon perseorangan boleh mendaftar pada 4 sampai dengan 10 November 2012. Jadwal ini juga diperuntukkan bagi pendaftaran calon dari partai politik.

Sementara itu, menghadapi perhelatan Pilbub, Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Sumedang menyatakan sedang menggodog 11 nama untuk menjadi calon bupati yang akan diusung pada pemilihan bupati (pilbup) 2013 mendatang. Sebelas nama ini terdaftar dalam daftar penjaringan calon bupati yang dilakukan PDIP sejak Agustus lalu.

Sebelas nama itu adalah Zaenal Alimin (Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kab Sumedang), Sanusi Mawi (Kepala Dinas Pendidikan Kab Sumedang), Allan Doni Budianto (Kakak kandung Don Murdono), dan HR Yuwanto (adik kandung Don Murdono).

Sementara tujuh nama lainnya adalah berasal dari kalangan internal PDIP Sumedang yaitu Agus Welianto, Dadang Kusna Efendy, Krisna Supriatna, Imas Rochimah, Irwansyah, Asep Rahmat Wahyudi, dan Dadang Rohmawan. "Kami sudah mengantongi sebelas nama yang sudah terjaring dalam bursa pencalonan di PDIP, semuanya masih dalam proses penggodogan partai," kata Sekretaris DPD PDIP Sumedang Dadang Kusna Efendy.

Disebutkan Dadang, PDIP berhak mengusung calon sendiri saja tanpa koalisi. Oleh karenanya, partainya sangat leluasa menentukan siapa yang akan diusung menjadi bupati berikut wakilnya. Sekedar informasi, PDIP merupakan partai yang mengusung bupati saat ini, Don Murdono, pada Pilbu sebelumnya. BDN
Share this article :

1 komentar:

Bahaya Mioma said...

Makasih nih informasinya sangat berguna saya juga orang sumedang,,,

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger