' Pembangunan Seni Budaya di Kota Depok Memprihatinkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pembangunan Seni Budaya di Kota Depok Memprihatinkan

Pembangunan Seni Budaya di Kota Depok Memprihatinkan

Written By dodi on Tuesday, September 11, 2012 | 8:00 AM


DEPOK (LJ) - Minimnya upaya pembinaan pelaku seni budaya, penyediaan sarana prasarana, dan regulasi yang mengarah pada pembangunan seni budaya di Kota Depok, menyebabkan perkembangan bidang ini berjalan lambat dan sangat memprihatinkan. "Ada kesan pemerintah tidak mendukung kemajuan sektor pariwisata di Kota Depok," ungkap Pimpinan Pusat Sanggar Ayodya Pala Kota Depok, Baas Sueko, kepada LINGKAR JABAR, Senin, (10/9). 

Baas mengatakan, hingga kini dari Kota Depok, belum memunculkan icon seni budaya unggulan yang membanggakan guna mendongkrak kepariwisataan. Padahal wilayah Kota Depok sangat berdekatan dengan Ibukota negara dan berpotensi tinggi untuk dilakukannya pemasaran obyek wisata lokal maupun domestik. Tetapi sayangnya, peluang ini tidak cepat ditangkap oleh instansi terkait di Depok. 

"Sejauh ini tidak ada dari dinas terkait yang peduli dengan penembangan seni budaya, padahal kita tahu kalau seni budaya adalah rohnya pariwisata," ucapnya.                                                                                                                                                     
Sementara itu, Pimpinan sanggar Seni budaya Padepokan Kendalisada Kota Depok, Pithok Hardiman, di Pancoran Mas, menyatakan hal serupa dan arah pembangunan potensi seni budaya Kota Depok belum jelas. Upaya yang dilakukan selama ini, dalam Pembangunan Seni Budaya cenderung hanya menggugurkan program kegiatan APBD. 

Menurutnya, puluhan sanggar seni budaya belum terakomodir dalam pembinaan, untuk mengapresiasikan karya seninya cenderung keluar Kota Depok. "Untuk itu semua pihak yaitu Pemkot, Dewan, Perguruan tinggi, pelaku seni, masyarakat bersatu guna merumuskan secara akademis potensi Seni Budaya asli Depok maupun campuran yang  tumbuh di Kota Depok. Sesuai amanat UU, Peraturan dan Perda Budaya  tertuang arah Pembangunan Seni Budaya secara lebih Intensif," imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pariwisata Seni Budaya, Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Senibudaya Kota Depok, Drs. Teddy Hasanudin, pada LINGKAR JABAR mengatakan, pihaknya selalu siap mengakomodir setiap aspirasi dan ide yang berkembang pada masyarakat pelaku seni budaya di Kota Depok. "Untuk itu pihaknya menyambut baik adanya Perda Budaya guna pembinaan dan pengembangan potensi seni budaya dalam mendukung pariwisata," ujarnya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kata Teddy, tengah mengupayakan pembangunan bertahap Gedung Kesenian di Sawangan. "Agar kelak dapat menjadi tempat untuk ruang berapresiasi bagi para pelaku seni budaya dan memanfaatkannya dalam mengembangkan serta memelihara potensi budaya Kota Depok," tuturnya. 

Dalam hal pembinaan seni budaya setiap tahun pihaknya, mengadakan kegiatan seperti festival seni budaya, acara temu pelaku seni budaya. "Harapannya untuk itu pelaku seni budaya agar tetap eksis secara berkesinambungan dalam membangun seni budaya asli Depok maupn yang lainnya," pungkasnya. TYS/HRS


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger