' PDAM Tirtarangga Subang Akan Mendapat Dana Hibah Dari Australia - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » PDAM Tirtarangga Subang Akan Mendapat Dana Hibah Dari Australia

PDAM Tirtarangga Subang Akan Mendapat Dana Hibah Dari Australia

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 11:34 AM

KAB SUBANG (LJ) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirtarangga Kabupaten Subang, akan menerima bantuan dana hibah dari Australia Indonesia Partner ship (Kemitraan Australia Indonesia )diterimanya dana bantuan tersebut berkat hasil uji kompentensi dari 26 Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM )sejawabarat hanya yang terpilih PDAM Tirtarangga Kabupaten Subang.

Terpilihnya PDAM Subang menurut Direktur Utama PDAM Tirtarangga Kabupaten Subang ,Suryana ,SE,dikarenakan beberapa faktor yang memenuhi persyaratan diantaranya peningkatan kinerja, penurunan angka kebocoran, dan melakukan lobi yang Intensif.

Menurut Suryana, pihaknya telah menerima Surat dari Kemitraan Australian Indonesia dengan Nomor.01/PMU/09/2012. tentang pemberitahuan akan adanya dana bantuan untuk beberapa Perusahaan Daerah Air Minum diantaranya, PDAM Berebes, PDAM Kota Tegal, PDAM Kabupaten Tegal, PDAM Kabupaten Klaten, dan PDAM Tirtarangga Kabupaten Subang.

Dengan bantuan dana ini menurut Suryana, akan dipergunakan Untuk mengganti saluran pipa dari penampungan hingga ke pelanggan yang dipasang sejak tahun 1995, dari pipa induk berukuran  250 Inci akan diganti dengan pipa yang berukuran besar yaitu 400 Inci.

Dikarenakan desain pipa yang lama hanya cukup untuk menampung air untuk kebutuhan 8000 pelanggan,sedangkan seluruh pelanggan PDAM Subang hingga ahir Desember sudah tercatat sebanyak 31.150 pelanggan .

"Sudah sepantasnya kita memberikan pelayanan yang memuaskan dengan cara merehabilitasi pipa lama dari yang berukuran kecil menjadi pipa berukuran besar. Soal berapa besar dana yang bakalan kita dapat, sampai sekarang belum diketahui,"
jelas dia.

Saat ini pasokan air untuk para pelanggan PDAM Subang berasal dari sumber air di Cibulakan di Kecamatan Cijambe yang debit airnya cukup besar bila di musim hujan yaitu mencapai 1700 Liter/detik.Sedangkan di musim Kemarau turun menjadi 967 Liter/detik. artinya dengan air yang dibutuhkan masarakat kabupaten Subang masih banyak sisa ,maka pihak perusahaan akan mengembangkan terus, saat ini pendaftar yang belum terpasang sebanyak 1500 pelanggan di daerah kecamatan Cibogo Subang.

Tokoh masyarakat Kecamatan Cibogo Subang Abah Dodi, menyambut baik adanya rencana PDAM Subang mengembangkan saluran air ke daerah kecamatan Cibogo dan daerah Subang sekitarnya. Karena menurut Dodi, air merupakan kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari hari.

"Untuk daerah Cibogo, pasokan air sangat dirasakan pada musim Kemarau sekarang ini, apalagi sumber air warga berupa sumur bor airnya terus menyusut bahkan menghilang,"
ucap Dodi.

Sedangkan menurut Camat Cipendey Ade Mulyawadi, pihaknya berharap kepada PDAM Subang, bila mendapat bantuan agar segera menyelesaikan bangunan yang di bangun PDAM Subang beberapa tahun yang lalu untuk memasok Kebutuhan air warga Kecamatan Cipendey.

Pasalnya menurut Ade, akibat musim kemarau panjang semua sumur bor mengering, sedangkan sumber air dari Sungai Cilamaya yang akan di ambil Oleh PDAM untuk memasok warga sangat Cukup besar ,akan tetapi akibat bangunan yang menghabiskan dana miliaran rupiah belum di bisa di operasikan , akibatnya warga Cipendey tetap kesulitan Air. (Ade)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger