' Pasar Kebon Kembang Siap Bersolek - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pasar Kebon Kembang Siap Bersolek

Pasar Kebon Kembang Siap Bersolek

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Membayangkan sebuah pasar pasti identik dengan kotor dan bau yang tak sedap,tetapi persepsi seperti itu tidak berlaku bagi pengelola pasar Kebon Kembang (Pasar Anyar) PD Pasar Pakuan Jaya,Kota Bogor selaku pihak pengelola pasar.

Hal itu disampaikan oleh Rizal Utami selaku Kepala Bagian (Kabag) Operasional PD.Pasar Pakuan Jaya,menurutnya pihak pengelola akan segera membenahi kios-kios di beberapa blok yang ada di pasar kebon kembang, "kami akan membenahi kios-kios di beberapa blok agar tercipta suasana yang nyaman bagi pedagang dan pembeli," ucapnya.

Di pasar Kebon Kembang sendiri terbagi menjadi dua categori para pedagang,yakni pedagang binaan dan pedagang musiman, perbedaan untuk pedagang binaan dan pedagang musiman yakni para pedagang binaan mempunyai Kartu Ijin Pemakaian Tempat Berdagang (KIPTB) yang dapat di perpanjang masa perijinannya selama 6 bulan sekali.Sedangkan pedagang musiman tidak mempunyai perijinan apapun,untuk jumlah pedagang binaan di pasar kebon kembang sebanyak 360 pedagang.

Sedangkan untuk pedagang musiman sendiri kami dari pihak pengelola pasar tidak menjumlah total semua para pedagang musiman karena para pedagang musiman sifatnya hanya di waktu-waktu tertentu saja menjajakan dagangannya contohnya seperti pada hari raya Lebaran kemarin.

Untuk para pedagang binaan, pihak pengelola hanya mengambil retribusi sebesar Rp 3.000.-/hari, retribusi tersebut meliputi tarif jasa kios Rp 1.000.-,retribusi kebersihan Rp 1.000.- dan tarif keamanan Rp 1.000.-, tetapi untuk pedagang musiman pihak pengelola tidak pernah memberikan tempat untuk berjualan di pasar kebon kembang.

Untuk Renovasi gedung pasar kebon kembang akan dilakukan bagi tiga blok pasar diantaranya blok A, blok B dan Blok E "Rencana renovasi gedung di beberapa blok yang ada di pasar kebon kembang yakni blok A,B dan Blok E yang rencananya terealisasi pada akhir tahun 2012 mendatang" ucap pria asal Sumatera tersebut.

lebih lanjut ia mengatakan renovasi tersebut dilakukan karena usia gedung pasar kebon kembang memang sudah harus mendapatkan peremajaan "di beberapa Blok khususnya di Blok E kios-kios disana memang sudah harus direnovasi karena dilihat dari umur gedungnya sendiri,apalagi di Blok tersebut bekas terjadi kebakaran"terangnya.

Dalam waktu dekat ini pihak pengelola Pasar akan segera merelokasi para pedagang yang berada di pinggir jalan tepatnya di depan pintu masuk pasar kebon kembang akan segera di relokasi ke tempat penampungan sementara "rencananya pada bulan September 2012 pihak pengelola akan segera merelokasi para pedagang yang berada di pinggir jalan khususnya yang menghalangi pintu-pintu masuk pasar kebon kembang,dan kami pun sudah menyiapkan penampungan bagi mereka yakni di Blok F" terangnya.(AME)






Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger