' Lima Paket Revitalisasi GOR Pajajaran Terbengkalai - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Lima Paket Revitalisasi GOR Pajajaran Terbengkalai

Lima Paket Revitalisasi GOR Pajajaran Terbengkalai

Written By dodi on Wednesday, September 5, 2012 | 8:00 AM


BOGOR (LJ) - Sedikitnya, lima paket revitalisasi sarana Gedung Olahraga (GOR) Pajajaran di Jalan Pemuda No.4 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, yang terdiri dari proyek revitalisasi Kolam Renang, Gedung Serba Guna, Indoor, Gedung KNPI dan Gedung KONI, kini dalam kondisi terbengkalai. Proyek yang menelan dana sebesar Rp.9,9 miliar bersumber bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini ternyata ditinggal oleh para pekerjanya sejak 1 bulan lalu. Padahal, pengerjaan proyek itu belum juga rampung.  

Diperoleh informasi, para pekerja atau buruh yang mengerjakan bangunan mogok kerja lantaran gaji atau upah mereka belum dibayar oleh pelaksana proyek, CV Mega Kencana. Tak pelak, muncul sinyalemen dana yang seharusnya digunakan untuk kepentingan publik itu dinilai sejumlah pihak rawan dikorupsi. Indikasinya kian menguat, lantaran proyek tersebut tidak dapat dirampungkan sesuai jadwal, yakni akhir Juli 2012.

Saat ini, kondisi gedung GOR Pajajaran tak bisa dimanfaatkan oleh publik, dan hingga kini masih belum diketahui kapan akan selesai. Dari pantauan, kolam renang Mila Kencana, seharusnya sudah selesai dalam pekerjaannya, hingga kini tempat tersebut belum bisa dioperasionalkan dan kondisinya pun menjadi terlantar. Di sisi lain, tak sedikit warga Kota Bogor yang sangat mengharapkan bisa memanfaatkan fasilitas publik di areal GOR Padjajaran.

Menurut Ketua LSM Jangkar Pakuan Padjajaran Saleh Nurangga, dalam lima paket revitalisasi sarana GOR Pajajaran itu, kini gedung tersebut telah terbengkalai seperti gedung Indoor, gedung Serbaguna dan Kolam renang. Parahnya, bangunan tersebut justru berkualitas buruk dan hasil pengerjaannya mulai kumuh. Ini terlihat di bagian halaman depan kolam renang banyak rumput tebal dan di halamannya banyak puing-puing bangunan berserakan sampai ke badan jalan. 

"Dari lima paket tersebut namun baru dua revitaliasi pembangunan yang hampir rampung  yakni Gedung KNPI dan KONI. Sementara untuk revitalisasi yang lainnya masih dalam tahap perampungan atau pembangunan fisiknya diperkirakan 70 hingga 80 persen. Ini menjadi aneh, karena proyek itu seharusnya selesai pada Juli lalu," kata Saleh kepada LINGKAR JABAR, Selasa (4/9).

Seperti diberitakan LINGKAR JABAR pada edisi 137 (Selasa 4/9), proyek revitalisasi sarana GOR Pajajaran sepertinya dalam kondisi bermasalah. Indikasinya, Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Bogor sudah melayangkan surat teguran sebanyak dua kali kepada Ketua Komite Revitalisasi GOR Pajajaran, Agus Teguh, dengan maksud meminta Komite Revitalisasi agar menyelesaikan pertanggungjawaban dalam pengerjaan proyek tersebut dengan proporsional.

"Kami sudah mengeluarkan surat teguran yang kedua. Inti dari teguran tersebut, kita meminta agar ketua komite revitalisasi segera menyelesaikan tugasnya merampungkan pekerjaan revitalisasi GOR Pajajaran," kata Kepala Kanpora, Taufik Qurachman, ketika dikonfirmasi LINGKAR JABAR, usai menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Kota Bogor, Senin (3/9).

Taufik memastikan, setelah mendapatkan dua kali teguran, pihak komite revitalisasi harus segera mempercepat pekerjaannya demi tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pemuda dan olah raga. "Kita kan bekerja tidak asal. Tapi harus sesuai dengan prosedur yang ada. Selama ini, kita belum mendapat laporan dari pihak komite revitalisasi," imbuhnya

Dijelaskannya, jika pihak tersebut tidak mengindahkan teguran kedua, maka pihak Kanpora bisa melayangkan surat peringatan ketiga. Jika tidak diindahkan juga, maka akan dilaporkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. "Sanksi yang akan diberikan, itu akan kami serahkan kepada Pemkot Bogor yang berwenang untuk melakukan tindakan terkait dengan pengerjaan GOR Pajajaran yang belum selesai itu," ujarnya. ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger