' Liga Merah Putih Gantikan ISL dan IPL - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Liga Merah Putih Gantikan ISL dan IPL

Liga Merah Putih Gantikan ISL dan IPL

Written By dodi on Thursday, September 20, 2012 | 7:00 AM

BOGOR - CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo selaku operator Indonesia Premier League (IPL) yang bernaung dibawah PSSI, Widjajanto, berharap konsep Liga Merah dan Liga Putih bisa disetujui Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Konsep Liga Merah dan Liga Putih untuk menggantikan Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL).  Konsep tersebut merupakan hasil dari pembicaraan antara PT LPIS dan PT Liga Indonesia yang merupakan operator masing-masing liga.

"Saya belum bisa membeberkan formatnya sebelum mendapatkan persetujuan dari Joint Committee (Komite Bersama) lebih dulu. Namun, saya berharap, JC sepakat sehingga kita bisa memulai liga 2012-2013," jelas Widjajanto seperti dikutip dari situs resmi AFF, Rabu (19/9). Nantinya, konsep Liga Merah dan Liga Putih akan dibawa dalam rapat Joint Committee yang akan digelar di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini (Kamis, 20/9).

Dalam rapat nanti, PSSI diwakili Ketua JC Todung Mulya Lubis, Catur Agus Saptono, Saleh Mukaddar, dan Widjajanto. Sementara Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang menaungi kompetisi Indonesia Super League, diwakili Djamal Aziz, Hinca Pandjaitan, Tigor Shaloom Boboy, dan Joko Driyono.

Sementara itu, Ketua JC Todung Mulya Lubis menegaskan bahwa JC akan kembali menggelar rapat di markas Konfederasi AFC di Kuala Lumpur, hari ini.  "Penyatuan liga menjadi isu utama yang akan dibahas," sebut Todung. Advokat senior ini menjelaskan, penyatuan liga jadi kunci untuk menyelesaikan kisruh yang berlarut-larut dalam persepakbolaan Tanah Air. Jika liga gagal disatukan, hal itu akan membuat agenda lain tak bisa berjalan.

"Keberhasilan penyatuan liga adalah keberhasilan Komite Bersama (JC) secara keseluruhan. Kalau penyatuan liga tidak bisa dilakukan, JC akan sangat sulit menyelesaikan kemelut dalam tubuh PSSI," beber Todung seraya menambahkan rapat JC akan dihadiri seluruh anggota baik dari PSSI maupun Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). "Semua anggota Komite Bersama tanpa terkecuali dipastikan siap hadir," tegas Todung.

Secara terpisah, Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi, Saleh Mukadar, PSSI sudah memiliki konsep penyatuan kompetisi musim depan. Badan sepak bola tertinggi di Indonesia tersebut menawarkan konsep Red League (Liga Merah) dan White League (Liga Putih) untuk menggantikan ISL dan IPL. "Pada dasarnya mereka setuju, tinggal menunggu ketok palu di Kuala Lumpur saja," ucap Saleh kepada wartawan di Kantor PSSI, kemarin.

Saleh menjelaskan, Liga Merah Putih dipilih karena mewakili Indonesia. "Jika diberi nama Liga A atau Liga B takutnya ada persepsi kasta. Merah dan Putih itu kan setara," beber Saleh seraya menambahkan konsep Liga Merah Putih bukan satu-satunya konsep yang ditawarkan.

PSSI sempat mengajukan proposal langsung menggabungkan semua klub LSI dan LPI ke dalam satu liga dan dibagi ke dalam dua wilayah. Kemudian, sepuluh klub terbaik dari masing-masing liga akan digabung dalam satu kompetisi baru. "Namun, Joko Driyono (CEO PT LI) tidak setuju dengan opsi tersebut. Dia lebih memilih Liga Merah Putih. Artinya, satu liga baru akan terbentuk pada musim selanjutnya," kata Saleh lagi. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger