' Kasus Mamin Cianjur Akan Disidangkan Rabu Besok - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kasus Mamin Cianjur Akan Disidangkan Rabu Besok

Kasus Mamin Cianjur Akan Disidangkan Rabu Besok

Written By dodi on Monday, September 24, 2012 | 7:00 AM

CIANJUR (LJ)- Perkara dugaan korupsi anggaran makan-minum dengan kerugian negara miliaran rupiah lebih di Kabupaten Cianjur akan menjalani sidang perdana pada 26 September mendatang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

Berkas atas nama dua tersangka, yakni Edi Iryana selaku mantan Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman serta Heri Khaeruman selaku mantan Kasubag Rumah Tangga dan bagian umum di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur sudah diterima bagian kepaniteraan Pengadilan Tipikor Bandung.

"Tanggal 19 September kemarin kami menerima dua berkas mengenai perkara korupsi di Cianjur. Sidang perdana sudah dijadwalkan 26 September mendatang," kata Panitera Muda Pengadilan Tipikor Bandung Susilo Nandang Bagio kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, kemarin.

Majelis hakim yang akan menangani perkara tersebut adalah Setyabudi Tejocahyono selaku Ketua Majelis Hakim, Heri Sutanto dan Adriano selaku anggota majelis. "Karena berkasnya ada dua. Sidang akan dilakukan terpisah," jelas Susilo.

Nomor perkara atas nama Edi Iryana adalah 61/Pid.sus/Tpk/2012/PN Bandung, sementara Heri 62/Pid.sus/Tpk/2012/PN Bandung. Jaksa Penuntut yang menangani perkara tersebut adalah Rahman Firdaus.

Kedua tersangka terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana Mamin Pemkab Cianjur. Hal tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan, tim penyidik Kejati Jabar yang menemukan beberapa kejanggalan penggunaan anggaran di lingkungan Pemkab Cianjur. Saat ini keduanya masih meringkuk di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru.

Dari hasil pemeriksaan, ditaksir kerugian negara mencapai Rp7,5 miliar yang bersumber dari APBD Cianjur. Namun setelah dilakukan kembali penyidikan, Kejati Jabar telah menyatakan kerugian negara telah berubah menjadi Rp 10 milyar. Selain dana Mamin Gate, tim penyidik Kejati menemukan beberapa dana dari kegiatan lain yang diduga juga diselewengkan. (AGS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger