' Kajati Jabar yang Baru Harus Tuntaskan Kasus-Kasus Korupsi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kajati Jabar yang Baru Harus Tuntaskan Kasus-Kasus Korupsi

Kajati Jabar yang Baru Harus Tuntaskan Kasus-Kasus Korupsi

Written By dodi on Tuesday, September 4, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar yang baru, Soemarno, diharapkan dapat menyelesaikan beberapa kasus tindak pidana korupsi yang belum terselesaikan semasa Yuswa Kusumah menjabat sebagai pucuk pimpinan di Kejati. Yuswa sendiri, telah diamanahkan oleh Jaksa Agung Basri Arief untuk menjabat posisi Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung RI.

Harapan itu disampaikan Yuswa saat memberikan sambutan dalam acara pisah sambut Kepala Kejati Baru di kantor Kejati Jalan RE Martadinata Kota Bandung, kemarin. Soemarno, sebelumnya tercatat sebagai Inspektorat 1 Pengawasan di Kejaksaan Agung. Acara pisah sambut tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat, seperti Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara, Wali Kota Bandung Dada Rosada, dan beberapa Kepala Daerah lainnya.

Yuswa sepertinya merasa masih memiliki hutang pekerjaan, sehingga secara terbuka dia pun meminta kepada Kajati baru untuk meneruskan kasus-kasus yang belum terselesaikan. "Nanti tugas yang belum diselesaikan akan dilanjutkan oleh beliau (Soemarno). Nanti ke depannya bagaimana kebijakan beliau," kata Yuswa.

Dikatakannya beberapa kasus yang belum terselesaikan seperti kasus korupsi di lingkungan Pemkab Cianjur dan Kepala Kantor Pajak Bogor. Menurut Yuswa, selama dia menjabat 1,5 tahun di Kejati, sangat hati-hati dalam menangani kasus agar sesuai dengan aturan dan mekanisme. "Tadi Pak Marno juga sudah komit untuk mengedepankan kehati-hatian," tuturnya.

Ditanya apakah ada tekanan selama menangani kasus, Yuswa mengaku tidak ada tekanan ketika dia menjabat. Bahkan, dia telah menampung seluruh informasi dari masyarakat untuk dilakukan penyelidikan. "Tidak ada tekanan. Kita akomodir semua laporan. Baik dari tokoh masyarakat, agama ataupun dari wartawan. Tapi kita sesuaikan dengan yuridisnya," jelas Yuswa.

Yang menarik, dalam acara itu, terlihat sejumlah walikota dan bupati yang kebetulan daerahnya terbelit kasus korupsi dan sudah disidangkan. Seperti Walikota Bandung Dada Rosada beserta Sekda Edi Siswadi dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Selain itu hadir juga Walikota Depok Nurmahmudi Ismail dan Walikota Bogor Diani Budiarto. Tampak hadir Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Sarehwiyono dan Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol Henkie Kaluara.

Dalam ucapan perpisahannya, Kepala Kejati Jabar meminta maaf jika Selama ia menjabat sejak April 2011 masih banyak kasus yang belum bisa diselesaikan, atau telah diselesaikan namun tidak puas dengan hasilnya. "Kami melakukan tupoksi yang dibebankan dengan sebaik-baiknya," kata Yuswa. Sejumlah pejabat yang hadir tak lupa menyerahkan berbagai cinderamata sebagai kenang-kenangan untuk Yuswa. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger