' IPB Ciptakan 510 Inovasi Baru di Ketahanan Pangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » IPB Ciptakan 510 Inovasi Baru di Ketahanan Pangan

IPB Ciptakan 510 Inovasi Baru di Ketahanan Pangan

Written By dodi on Monday, September 3, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Institut Pertanian Bogor (IPB) merayakan Dies Natalis ke-49 yang jatuh pada tanggal 1 September, dengan mengangkat tema Inovasi IPB untuk ketahanan pangan nasional yang telah mencapai 510 inovasi baru. Yang membanggakan bagi keluarga besar IPB, sebanyak 179 inovasi IPB telah mendapatkan penghargaan dari Kementrian Riset dan Teknologi (Kemristek) RI.

"Selama 49 tahun IPB terus bergerak dalam bidang inovasi. Memastikan benih yang ditanam petani kualitasnya bagus dan efisien. Selama ini IPB telah menghasilkan 510 inovasi baru," kata Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, usai upacara perayaan Dies Natalis di lapangan rektorat Andi Hakim Nasoetion Kampus Dramaga, Bogor, Jabar, Sabtu (1/9) lalu. Herry menyebutkan, dari 510 inovasi yang telah dihasilkan IPB, 179 inovasi mendapat penghargaan dari Kemristek.

Selama lima tahun berturut-turut inovasi IPB selalu mendominasi dalam penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Herry mengatakan, yang menjadi tantangan IPB ke depan adalah mewujudkan inovasi yang ada agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas. "Memang baru 10 persen inovasi yang dihasilkan digunakan di masyarakat. Kita mendorong agar semua inovasi yang dihasilkan dapat diwujudkan," ujar Rektor.

Menurutnya, kendala yang dihadapi dalam mewujudkan seluruh inovasi IPB karena adanya "miss" antara pengguna inovasi dan pembuat inovasi. Sehingga karya yang dihasilkan oleh IPB tidak seluruhnya diwujudkan. Untuk mewujudkan itu, lanjut Herry, perlu adanya keberpihakan masyarakat khususnya generasi muda untuk menggunakan hasil-hasil karya dalam negeri.

"Jika kita bersama-sama melakukan keberpihakan akan hasil karya sendiri. Ini tentunya akan mendorong perbaikan bagi penggunaan inovasi anak bangsa," katanya seraya menambahkan, dalam Dies Natalis IPB ke-49 tahun sesuai dengan temannya "inovasi IPB untuk ketahanan pangan nasional", IPB akan terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dunia.

Dia mengatakan, agar pangan dapat dipenuhi terutama dari produksi dalam negeri, perlu kerja keras dan ketekunan. "Indonesia bagian dari masyarakat dunia. Dengan kondisi lahannya yang subur memiliki kewajiban untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dan kita (Indonesia) juga harus bisa membantu negara lain yang kurang subur untuk mencukupi kebutuhan pangannya. Ini menjadi tantangan IPB ke depan agar dapat mendorong ketahanan pangan nasional," katanya.

Perayaan Dies Natalis IPB berlangsung semarak dengan sekitar 4.000 lebih mahasiswa baru IPB hadir menyaksikan upacara. Kegiatan Dies Natalis IPB diisi dengan pertunjukkan seni dan juga kampanye beras analog yang akan dihadiri Menteri Pertanian Suswono, dan Menteri Pendidikan Muh Noeh.

Sebelumnya, Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor mendorong inovasi yang telah diciptakan dapat direalisasikan untuk kehidupan masyarakat luas. "MWA mendorong agar inovasi-inovasi yang telah dilahirkan IPB agar bisa diaplikasikan ke masyarakat sehingga lebih bermanfaat," kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB, Prof Dr Ir Muhamad Achmad Chozin, MAgr. ALS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger