' Hindari Calo Untuk Buat Akte Kelahiran - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Hindari Calo Untuk Buat Akte Kelahiran

Hindari Calo Untuk Buat Akte Kelahiran

Written By dodi on Tuesday, September 25, 2012 | 7:00 AM


 KAB.BANDUNG (LJ)-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Drs. H. Salimin, M.Si menghimbau kepada seluruh warga yang akan membuat akta kelahiran, untuk tidak menggunakan perantara atau calo. Karena menurutnya, proses pembuatan akte kelahiran sangat mudah dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Himbauan tersebut disampaikan Salimin, terkait adanya dugaan pemalsuan akte kelahiran yang dilakukan oknum aparat Desa Cipeujeuh Kecamatan Pacet yang berinisial AS . Kami menemukan ada tiga buah kutipan akte kelahiran yang diduga dipalsukan oleh oknum tersebut, "Setelah dicek dalam data di kantor Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, nama yang tercantum dalam akte tersebut tidak ada,"ungkap Salimin pada wartawan kemarin.

Untuk menjaga keresahan masyarakat, Disdukcasip Kabupaten Bandung menurutnya ,telah meminta kepada Kepala Desa Cipeujeuh H. Deden untuk melakukan pengecekan dan pendataan akte kelahiran yang proses pembuatannya melalui AS. " Dari pengecekan ini, kami akan tahu berapa akte lahir yang diduga dipalsukan karena hasil pengecekan akan diserahkan kepada kami," katanya.

Ia menyebutkan tentang keberadaan oknum AS itu sendiri, menurut Salimin kini tengah dalam pencarian. Karena menurutnya, AS sudah sekian lama tidak pernah masuk kantor dan dirumahnya tidak ada. "Kami pernah mendatangi rumahnya diantar oleh aparat desa, tapi orangnya tidak ada,"kata Salimin.

Ia juga  menjelaskan, pembuatan akte kelahiran yang diduga palsu tersebut, semata-mata perbuatan AS sendiri dan tidak melibatkan pihak manapun. Hal ini perlu ditegaskan sebagai klarifikasi sebuah berita disalah satu harian yang menyebutkan pembuatan akte tersebut dilakukan AS bekerjasama dengan salah seorang staf Disdukcasip yang bernama Erwin. "Padahal di kantor kami tidak ada yang namanya Erwin," jelasnya.

Pihaknya juga  merasa prihatin dengan adanya dugaan pemalsuan akte kelahiran. Karena pihaknya selama ini telah memberikan kemudahan kepada para pemohon dalam proses pembuatannya. Yang penting syaratnya sudah lengkap, "Silahkan datang ke kantor kami untuk diproses tanpa dipungut bayaran sepeserpun,"katanya.

Selain datang ke kantor Disdukcasip, pemohon akta kelahiran juga bisa mendatangi kantor kecamatan setempat. Karena menurutnya, setiap hari Rabu, pihak disdukcasip selalu memberikan pelayanan ke masing-masing kecamatan.

Syarat yang harus dipenuhi untuk pemohon akta kelahiran dibawah 60 hari, antara lain foto copy surat nikah yang sudah dilegalisir, foto copy kartu keluarga, foto copy kartu penduduk dan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit, dokter atau bidan. Sedangkan bagi pemohon yang diatas satu tahun, harus daftar terlebih dahulu ke Pengadilan Bale Bandung melalui Panitera, dengan membawa syarat yang sama. "Setelah ada penetapan dari pengadilan, baru didaftarkan ke Disdukcasip Kabupaten Bandung,"pungkasya.UDN


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger