' Galian PDAM Tirta Pakuan Bogor Celakai Pengendara Motor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Galian PDAM Tirta Pakuan Bogor Celakai Pengendara Motor

Galian PDAM Tirta Pakuan Bogor Celakai Pengendara Motor

Written By Prast on Wednesday, September 5, 2012 | 6:05 PM

ilustrasi
BOGOR (LJ) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari Kecamatan Bogor Timur, dituding sebagai biang keladi tentang rusaknya aspal jalan raya yang ada di Kota Bogor, Jawa Barat. Kerusakan yang terjadi dibeberapa titik ruas jalan itu, mengakibatkan banyak pengendara roda dua berjatuhan, akibat bekas galian lubang PDAM Tirta Pakuan tersebut, tidak dilakukan perbaikan seperti semula.

Ironisnya, lokasi PDAM kadang menggali lobang yang sama dalam tempo kurang dari sebulan untuk menambal kebocoran atau mengganti pipa. Itu artinya, kualitas pipa pengganti pipa yang bocor dan ditanam dibawah jalan aspal adalah pipa berkualitas jelek.

“Jika diganti dengan pipa berkualitas baik, maka tidak mungkin perbaikan pipa di lokasi yang sama dikerjakan berulang-ulang dalam waktu tak sampai sebulan,”
kritik Agus Sutarman, salah satu warga pancasan, LINGKAR JABAR, sembari menunjukkan lubang yang sedang digali di salah satu jembatan pulo empang pada, Selasa (4/9).

Agus Sutarman (46) mengatakan, lubang yang digali PDAM itu sudah tak terhitung lagi. Setelah 10 hari digali-tutup, pipa PDAM kembali bocor dan airnya meluber ke tengah jalan. “Dalam setahun terakhir, lubang yang sama menjadi langganan bongkar pasang petugas PDAM,” sesalnya.

Kebocoran pipa PDAM Tirta Pakuan Bogor tak hanya terjadi di Jalan Pancasan saja. Pengamatan di lapangan, kebocoran pipa PDAM ditemukan di jalan Soleh Iskandar (Solis). Bahkan, kebocoran disini sangat parah. “Di sepanjang jalan Soleh Iskandar, sering sekali mengalami kebocoran pipa PDAM,” beber Dede (29) salah satu pengguna jalan yang sering melewati jalur Soleh Iskandar tersebut.

Dede mengatakan, pipa bocor yang menimbulkan genangan air di bekas lubang galian PDAM, sangat mengganggu pengendara sepeda motor. Saat arus lalu lintas sedang padat, maka para pengendara sepeda motor terpaksa melindas genangan air yang mengotori kain celananya.

Dari informasi yang dihimpun LINGKAR JABAR, bekas Galian PDAM pun biasanya tidak tertutup dengan rapih seperti yang terlihat di jalan Suryakencana sehingga banyak sekali para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan karena pihak PDAM Tirta Pakuan Bogor yang terlalu mengabaikan keselamatan pengguna jalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Hendra Setiawan, saat dikonfirmasi lewat telepon genggamnya, baik sms maupun di telepon langsung tidak ada jawaban sama sekali. (ALI/AME)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger