' Elite PDIP Bungkam, Rudy Harsya Menantang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Elite PDIP Bungkam, Rudy Harsya Menantang

Elite PDIP Bungkam, Rudy Harsya Menantang

Written By dodi on Wednesday, September 5, 2012 | 8:00 AM


CIMAHI (LJ) - Kabar rencana pencotan Rudy Harsa Tanaya dari jabatan Ketua DPD PDIP Jabar dan menggantinya dengan Mayjend TNI Purn TB Hasanuddin, kian memanaskan suhu politik di internal partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Bahkan, sejumlah elite pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP di Kabupaten dan Kota di Jabar sudah mulai gerah, terlebih pergantian itu terkesan mendadak dan juga menjelang prosesi pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 2013.

Namun begitu, sejumlah ketua dan sekretaris DPC Kabupaten/Kota, lebih memilih menghindar atau menolak memberikan komentar atas rencana pergantian Rudy Harsya yang sudah dipublikasikan Sekretaris Jendral DPP PDIP Tjahjo Kumolo pada Senin (3/9) lalu. Ketua DPC PDIP Kota Cimahi Denta Irawan misalnya, memilih tidak berkomentar. Malah Denta mengaku baru mengetahui wacana tersebut saat dihubungi wartawan melalui telepon selularnya. "Wah, masa sih ada rencana itu, info kapan?," tanya Denta, Selasa (4/9).

Dia mengatakan, pihaknya tak berani menanggapi hal itu. Pasalnya, dia mengaku hal itu bukan merupakan kewenangannya untuk menanggapi, melainkan kewenangan pengurus diatas, yakni DPD Jabar dan DPP. "Lebih baik konfirmasinya langsung ke Sekretaris DPD Jabar Herry MOS atau Bendahara DPD Mathius Tandiontong," ujar Denta.

Sementara pengurus DPC PDIP Kabupaten Cianjur belum mendengar kabar berkaitan penggantian Rudi Harsa yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Jabar itu. "Belum, kita belum mendengar kabar apapun adanya penggantian Pak Rudi sebagai Ketua DPD PDIP Jabar. Kita belum mendengar informasi dari pimpinan yang lebih atas, nanti kalau infonya sudah jelas, baru kita komentar," kata Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Cianjur Iwan Permana.

Sikap tutup mulut alias no coment juga dilakukan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bogor, Bambang Gunawan. Politisi muda yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu memilih tidak memberikan komentar terkait permasalahan yang sedang terjadi di DPD Jabar tersebut. "Itu kewenangan DPD Jabar, lagian kalau mau komentar lebih tepat Ketua DPC Pak Karyawan Faturrahman, bukan sekretaris," tandasnya.

Namun menurut Sekretaris Fraksi PDIP Perjuangan Wawan Risdiawan, jika kabar tersebut benar, maka pergantian Rudy sudah pasti akan berpengaruh terhadap konstalasi politik di Bumi Tegar Beriman. "Kalau benar akan ada pergantian Ketua DPD PDIP Jabar, kemungkinan akan berdampak terhadap perpolitikan di wilayah ini," ujarnya kepada LINGKAR JABAR. Namun, Wawan tidak mau berkomentar banyak karena akan lebih dulu menanyakan persoalan tersebut kepada pimpinan partai.

Sebelumnya kepada wartawan, Rudy Harsa Tanaya tak akan mempermasalahkan pencopotan dirinya oleh DPP. Namun catatannya, pencopotan dilakukan melalui mekanisme anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. “Silahkan saja dicopot. Tetapi kan ada mekanisme partai yang harus dijalankan. Kita punya AD/ART,” ucap Rudy kepada wartawan, kemarin.

Dia menunjuk mekanisme dirinya saat dipilih menjadi orang nomor satu di Partai Banteng Moncong Putih Jabar. Misalnya melalui rapat tingkat ranting, naik ke cabang, hingga daerah. Karena itu, proses pencopotan tidak serta merta dilakukan begitu saja oleh partai. “Saya jadi Ketua DPD Jabar pun bukan serta merta keinginan saya. Tetapi itu dimulai dari tingkat ranting, cabang, hingga daerah. Artinya ada mekanisme partai. Kalau sekarang dicopot, lakukan saja mekanismenya,” tegasnya. DED/RUS/FER

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger