' DPRD Purwakarta Terlusuri DPS Bermasalah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » DPRD Purwakarta Terlusuri DPS Bermasalah

DPRD Purwakarta Terlusuri DPS Bermasalah

Written By dodi on Thursday, September 27, 2012 | 7:00 AM

KAB PURWAKARTA (LJ)– Munculnya angka 59.542 data pemilih sementara (DPS) bermasalah hasil penetapan di 192 panitia pemungutan suara (PPS), menggelitik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta untuk segera mengkalarifikasi masalah tersebut ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Kami segera membahas persoalan tersebut dinternal DPRD. Selain itu kami juga akan menugaskan komisi terkait untuk menelusurinya,” ungkap Dadang Burhanudin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, Rabu (26/9), berkaitan dengan adanya angka DPS beramasalah setelah dilakukan rekafitulasi oleh pihak KPUD.

Ia mengatakan, pihaknya akan segera mengklarifikasi langsung kepada Kepala Disdukcapil terkait data pemilih yang bermasalah, dimana sebelumnya pihak KPUD melakukan rekafitulasi daftar pemilih sementara, dari hasil penetapan 192 panitia pemungutan suara (PPS) terdapat 59.542 data pemilih bermasalah.

Sebelum muncul data bermasalah tersebut, lanjut Dadang, pihak Disdukcapil awalnya memberikan jaminan, apabila pendataan kependudukan saat ini lebih akurat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 "Indikatornya, pihak Disdukcapil kini menggunakan perangkat modern (IT) yang terbilang cukup canggih," ujarnya.

Namun pada kenyataannya, sambung dia, muncul DPS bermasalah meskipun Disdukcapil menggunakan alat canggih yang katanya dapat meminimalisir terjadinya dobel nomor induk kependuduk (NIK).

 ”Dengan adanya masalah ini, kami akan segera menghubungi Disdukcapil untuk melakukan klarifikasi,” jelasnya.

Dadang menambahkan, perangkat canggih (IT) yang digunakan pihak Disdukcapil tidak menjamin data kependudukan lebih akurat. Terlebih saat ini Purwakarta akan segera menggelar pesta demokrasi Pemilukada, dimana jumlah penduduk sangat berpengaruh besar terhadap suara dalam tahapan Pemilukada Purwakarta 2012 nantinya.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger