' DPRD Jawa Barat Usulkan Pembuatan Embung-embung & Bendungan Kecil - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , , , » DPRD Jawa Barat Usulkan Pembuatan Embung-embung & Bendungan Kecil

DPRD Jawa Barat Usulkan Pembuatan Embung-embung & Bendungan Kecil

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 9:00 AM

BANDUNG, (LJ) - Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara mengatakan, pihaknya pernah membuat desain untuk pembentukan embung-embung dan bendungan kecil untuk penampungan air. Alasan pembentukannya adalah untuk menjaga ketersediaan air saat musim kemarau tiba.

"Kita bukan bermaksud untuk melawan alam, tapi bagaimana kita berusaha dan berbuat, karena kita tahu tidak bisa melawan keadaan,"
ujarnya kepada wartawan di Kota Bandung, kemarin.
   
Menurut Irfan, walaupun pembangunan embung dan bendungan kecil tersebut sudah dicanangkan, namun melihat masih ada beberapa kekeringan seperti dalam desainnya yang dinilai belum maksimal.Desainnya ini belum maksimal, tapi anggaran untuk pelaksanaan embung-embung baru dan bendungan-bendungan baru tersebut ialah salah satu solusi untuk mengatasi kekeringan," jelas politisi Partai Demokrat ini.
  
Pihaknya menambahkan, selain itu di dalam APBD Murni dan Perubahan Pemprov Jawa Barat tahun 2012 ini juga sudah disediakan anggaran khusus bagi pengadaan air bersih di setiap kabupaten/kota.Contohnya ialah di Majalengka, di setiap desanya, "kita berikan kepada kepala desanya, itu budjet untuk pengadaan air bersih sebesar Rp200 juta. Anggaran tersebut di tahun sekarang adanya baik di APBD Perubahan dan Murni tahun 2012," kata Irfan.
  
Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Tanamana Pangan Jawa Barat diketahui bahwa kekeringan sawah di Jabar dalam dua pekan hingga 28 Agustus 2012 meningkat sekitar 7,4 persen dari 15 Agustus 2012.Kekeringan di Jabar mencapai 64.670 hektare per 28 Agustus 2012, dimana sebelumnya hanya 59.895 hektar.
  
Sementara itu, berdasarkan catatan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat sebanyak 150.000 petani budidaya ikan di Jawa Barat berhenti berproduksi karena berdampak kekeringan dan saat ini kesulitan memproduksi ikan tawar setelah sejumlah sumber air kini mengering. (FER)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger