' Djanur Punya Strategi untuk Kebangkitan Persib - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Djanur Punya Strategi untuk Kebangkitan Persib

Djanur Punya Strategi untuk Kebangkitan Persib

Written By Prast on Friday, September 7, 2012 | 10:00 AM

BANDUNG – Pelatih anyar Persib, Djadjang Nurdjaman, rupanya punya beberapa strategi jitu untuk kembali bangkit dan meraih prestasi puncak musim depan. Berbekal pengalamannya, Djadjang kini berusaha membuat sebuah tim berkelas di kompetisi Indonesian Super League (ISL), apalagi sokongan dana cukup besar telah dikucurkan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Mantan asisten pelatih Pelita Jaya Karawang yang populer dengan sapaan Djanur ini, sepertinya berusaha menambah kekuatan dengan menggabungkan beberapa pemain lokal maupun asing. Tapi 22 pemain dipastikan bergabung bersama skuad racikannya. Tentunya bukan tanpa alasan Djadjang merekrut 11 pemain baru dan membuang 11 pemain musim lalu.

Djadjang mengakui bakal menerapkan beberapa formasi, mulai 4-4-2, 4-3-3 dan 4-2-3-1. "Skema permainan mana yang akan digunakan, berkaitan dengan strategi dan karakter permainan lawan yang dihadapi nanti. Formasi juga bisa saja menggunakan empat pemain tengah, dengan dua striker atau 4-4-2 dan bisa juga 4-3-3 bahkan 4-2-3-1," ujar Djadjang yang dihubungi wartawan, kemarin.

Dia juga mengatakan, tidak hanya akan terpaku pada satu skema. Formasi yang akan diterapkannya, kemungkinan besar akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu dalam menjalani proses pertandingan.
 
Namun, pola 4-4-2 sepertinya bakal menjadi formasi baku dalam mengarungi ketatnya persaingan di kompetisi ISL 2012/2013, yang rencananya digelar pada November mendatang.

Itu dilihat dari beberapa tambahan pemain baru yang direkrut Pelatih Djadjang Nurdjaman, bertipikal sama dengan pemain musim lalu yang dicoret. Dari 22 pemain yang sudah resmi bergabung, tentu akan menjadi pekerjaan berat buat Djadjang. Materi pemain bertabur bintang memang tidak memberikan jaminan tim menjadi solid atau kuat. Pelatih harus bisa menyatukan hati para pemain, agar menjadi sebuah kekuatan mumpuni.

Namun Djadjang tetap optimistis, pemain pilihannya bakal memberikan hasil maksimal bagi Maung Bandung. Terlebih, dia punya beberapa pilihan pemain hampir diseluruh sektor, belakang, tengah dan depan. Dari posisi posisi penjaga gawang ada I Made Wirawan, Cecep Supriatna, Shahar Ginanjar dan Rizky Bagja.

Belanjut ke lini pertahanan, Aang Suparman, Jamie Coyne, Abanda Herman, Maman Abdurahman masih diplot sebagai bek tengah bertahan. Sedangkan posisi bek sayap, Djadjang juga punya beberapa pilihan, seperti Jajang Sukmara, Tony Sucipto, Supardi dan Muhammad Ridwan.

Begitupun di posisi tengah ada Hariono, M Agung Pribadi, Mbida Messi, Firman Utina, Asri Akbar, Atep dan dua pemain yang bisa ditempatkan di dua posisi sayap dan bek sayap seperti M Ridwan dan Tony Sucipto. Serta empat pemain depan Heman Dzumafo Epandi, Kenji Adcahihara, Airlangga Sucipto dan Sigit Hermawan.

Tentu saja, untuk memperebutkan posisi inti, mereka harus berjuang ekstra keras. Mengingat persaingan di tubuh skuad Maung Bandung musim depan cukup alot, karena kualitas pemain yang didatangkan hampir merata. "Musim ini kita akan tetap memakai empat pemain bertahan. Masing-masing dua sebagai bek tengah dan bek sayap. Tim memiliki cukup banyak pilihan," pungkasnya. (CPS/FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger